Amalan Dibulan Dzulhijjah

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

blank

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah. Tepat pada 22 Juli adalah tanggal 1 Dzulhijjah. Bulan yang dikenal dengan bulan haji ini memiliki amalan-amalan sunnah dan tanggal yang penting bagi umat islam, tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah terutama berpuasa. Mengerjakan puasa itu bisa menjauhkan kita dari perbuatan maksiat. Allah mudahkan urusannya untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik insyaallah.

Ditambah lagi puasa yang nanti akan kita kerjakan adalah puasa dibulan dzulhijjah bulan yang bisa disebut juga dengan bulan kurban. Pada hari-hari itu adalah hari yang paling dicintai oleh Allah seperti yang tercantum dalam sebuah hadist.

” Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: ” Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: ” Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968).

Mengerjakan amalan soleh dihari yang mana Allah mencintai hari itu. Insyaalah, Allah akan mencintai kita juga. Jika Allah sudah cinta kepada hambaNya maka, Allah akan menyuruh penduduk langit untuk mencintainya.

Terdapat beberapa amalan puasa pada bulan Dzulhijjah, diantaranya :

  • Puasa Sunnah 1-7 Dzulhijjah, yang bertepatan pada tanggal 22 Juli – 28 Juli 2020 M

” Dari Umar radhiyallahu‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid’.” (HR. Ahmad)

  • Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 30 Juli 2020 M

Puasa yang dilakukan sehari sebelum Idul Adha ini memiliki keutamaan yang besar dibandingkan dengan 10 hari pertama sebelumnya, Waallahu ‘alam bissowab.

Keutamaan puasa Arafah terdapat pada hadist Bukhari, diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. r.a.

” Rasulullah Muhammad SAW bersabda, ‘Tiada hari-hari yang amalan sholeh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah.’ Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali seorang yang berangkat dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak ada yang kembali sedikit pun’.”

Itulah beberapa amalan yang sayang untuk dilewatkan dibulan Dzulhijjah nanti. Semoga kita dimampukan untuk melakukan ibadah-ibadah tersebut dan diistiqomahkan selalu dalam kebaikan. Insyaallah, aamiin.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Selfie dan Wefie sebagai Media Dakwah dengan Lensa

Di zaman milenial sekarang ini, salah satu trend yang paling berkembang adalah foto selfie. Tidak dipungkiri, semua orang yang ada di dunia pasti pernah mengambil