Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Amalan Di Bulan Ramadhan”

Rasulullah Saw. menyatakan,

من فطر صائما كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص منه شيء

Orang yang memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa, dia akan mendapatkan pahala sebesar pahala yang diterima oleh orang yang berpuasa itu dengan tidak mengurangi sedikit pun, persis seperti orang yang berpuasa itu.

Di bulan Ramadhan ini saatnya kita mendapatkan balasan-balasan dari Allah itu. Sangat kondusif ibadah di bulan Ramadhan itu. Berbeda dengan hari-hari yang lain, di bulan Ramadhan ini memang bulan yang Allah pilih untuk kita melakukan ibadah. Dalam hadits yang lain juga Rasulullah menjelaskan bahwa orang yang beribadah sunnah di bulan Ramadhan itu seperti orang yang melakukan ibadah wajib. Bahkan orang yang melakukan sesuatu yang wajib dilipatgandakan sampai tujuh puluh kali lipat. Kondusif sekali.

Dalam bulan puasa ini bukan saja kita melakukan puasa, hendaknya memang segala sesuatu yang baik-baik ini harus diamalkan di bulan puasa ini, termasuk tadarusnya. Dan masih banyak juga hal-hal yang bisa dilakukan. Misalnya, membaca “Qul huwallahu ahad.” Saya yakin semuanya bisa membaca “Qul huwallahu ahad, allahus shamad lam yalid walam yulad, wa lam yakun lahu kufuwan ahad.” Dibaca tiga kali saja Rasulullah menyatakan, Allah akan memberikan pahala seperti orang yang membaca al-Quran sampai selesai, tamat 30 juz.

Saatnya di bulan Ramadhan ini kita tingkatkan ibadah, kita tingkatkan shadaqah, kita tingkatkan amal-amal shaleh kita di bulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan kita sebagaimana ujung ayat yaitu la’allakum tattaqun, mudah-mudahan kita semuanya menjadi orang yang bertakwa. Sebab buat apa kita hidup kalau kita tidak menjadi orang yang bertakwa.

Tulisan ini adalah transkrip dari ceramah yang disampaikan oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor Jawa Barat. Dengan tema “Amalan Di Bulan Ramadhan”