Pesantren Darunnajah Cipining dengan pendidikannya yang memadukan antara kurikulum Gontor dan Negara sangat memperhatikan kualitas output santrinya. Ketika di awal masuk, para santri di berikan pengarahan oleh Asaatidz & Ustadzaat mengenai sejarah, visi misi, motto pesantren dan bagaimana menjalani aktivitas sebagai seorang santri. Ketika berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar, para santri dibekali ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi masa depannya untuk dunia maupun akhirat. Dan ketika berada di tahun terakhir pun mereka di berikan pengalaman dan pengarahan yang tidak di dapatkan di sekolah luar, seperti Ujian Praktik Mengajar, Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Pembekalan Santri Akhir Tarbiyatul Muallimin Wal Mu’allimat Islamiyah (TMI) dan lain-lain agar mereka siap terjun di masyarakat maupun melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di luar pesantren.

 

Salah satu kegiatan di detik-detik sebelum santri akhir lulus dari pesantren dan yang cukup berkesan adalah Orientasi Perguruan Tinggi. Didalam kegiatan tersebut, para calon alumni diberikan pengetahuan tentang bagaimana caranya untuk bisa diterima di berbagai perguruan tinggi baik dengan beasiswa maupun dengan jalur mandiri, sehingga wawasan mereka terbuka dan saling berpacu untuk dapat melanjutkan studinya di Universitas yang di impikan entah itu di dalam maupun luar negeri.

Alhamdulillah pada tahun ini Darunnajah Cipining kembali mendapatkan kabar gembira yaitu salah satu alumni nya telah lulus beasiswa salah satu universitas Malaysia tepatnya di Albukhary International University yang terletak di kota Alor Setar, Kedah Darul Aman. Ia bernama Husni Muhamad Rifqi, lulusan tahun 2017 angkatan 24 Al Multahada. Setelah mengurus administrasi yang cukup rumit untuk dapat melajutkan pendidikan di Negeri Jiran tersebut, akhirnya dikabarkan ia akan berangkat menuju Malaysia pada tanggal 3 Mei bersama 4 orang dari Indonesia dan lebih dari 200 orang yang berasal dari berbagai negara.Beasiswa yang ia dapatkan adalah beasiswa full untuk kursus bahasa Inggris (IELTS) selama 6 bulan kemudian akan lanjut ke jenjang S1 selama 3 tahun dan rencananya akan mengambil jurusan Bussines Administration ( Hons ) yang sebelumnya di awali dengan foundation studies selama 1 tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas tersebut, ia akan kembali ke Pesantren tercinta untuk mengamalkan ilmunya, karena ia merupakan salah satu alumni santri kader Darunnajah Cipining.

Semoga kedepannya para santri Darunnajah Cipining dapat lebih termotivasi dan dapat menyusul baik ke universitas tersebut atau ke universitas lainnya di berbagai negara.

Aamiin