buku adalah jendela ilmu

16/03-2016, cidokom.darunnajah.com
Membaca alquran mempunyai banyak manfaat, memberikan ketenangan jiwa bahkan alquran adalah obat bagi manusia (assyifa).
Alquran akan memberikan cahaya bagi pemabacanya. Barangsiapa yang tidak pernah membacakan di rumahnya ayat suci (alquran) tak ubahnya rumah tersebut seperti kuburan. Oleh sebab itu, alquran adalah penerang/cahaya kegelapan.
Bacalah oleh kalian alquran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat penolong bagi sahabatnya (alhadits).
Melihat dari hadits ini, maka alquran tidak saja memberikan cahaya ketika manusia hidup di dunia, akan tetapi di akhirat kelak alquran sebagai penolong bagi para pembacanya.
Apalah yang diharapkan oleh orang tua di akhirat kelak selain dari pertolongan dan doa dari anak-anak yang sholeh. Bila seorang anak rajin membaca dan mentabburi alquran jelas bahwa anak tersebut adalah anak yang sholeh, selalu berdoa untuk kedua orang tua dan mengikuti sunnah nabi SAW.
Di Pesantren anak/santri diajarkan untuk selalu istiqomah dalam membaca alquran dan mendoakan orang tua. Dan bagi santri, membaca alquran dalam setiap harinya adalah sebuah kewajiban walaupun hanya membaca 1 ayat. Misalanya, di Pesantren Annur santri dididik dan dibimbing dalam hal baca alquran sebanyak 2 x dalam sehari, yaitu setiap setelah sholat subuh dan ashar. Tidak sampai disitu saja, Alquran merupakan pelajaran pokok(asasi) di dalam kelas(formal). Maka alquran adalah syarat mutlak untuk kenaikan kelas bagi santri Annur (Dn8).