Waktu efektif belajar bagi kelas Nihai (Kelas 3 MA) kurang lebih tinggal satu pekan lagi. Karena tanggal 12 November, mereka sudah memasuki babak Ujian Lisan Semester Pertama. Ujian lisan yang diagendakan selama 6 hari tersebut dilanjutkan dengan Ujian Tulis mulai tanggal 19 sampai tanggal 29 November 2016. Materi yang diujikan adalah materi lokal, diantaranya; Tajwid, Khot, Khulasoh Nurul Yaqin, Faraidh, Adyan, Sharaf, Imla dan Grammar.

Pelaksanaan Ujian Kelas Nihai ini sedikit berbeda, jadwal Ujian kelas Nihai ini dilaksanakan satu bulan lebih awal dari kelas lainnya (Kelas 1-5 TMI). Menurut Agenda Pesantren, pelaksanaan Ujian Semester bagi kelas 1-5 TMI adalah tanggal 3 Desember untuk Ujian Lisan dan tanggal 10-22 Desember untuk Ujian Tulisnya.

UjianSetelah Kelas Nihai ini melalui proses Ujian, selanjutnya mereka diagendakan untuk membantu Panitia Ujian. Tugas mereka diantaranya adalah menjadi Pengawas pada saat Ujian Semester Ganjil (bagi kelas 1-5 atau non Nihai) dilaksanakan. Untuk mempersiapkan para pengawas dari Kelas Nihai ini, maka dari Biro Pendidikan dan Panitia Ujian akan memberikan arahan dan Pembekalan kepada mereka pada hari selasa, tanggal 29 November 2016. Arahan perdana tersebut khusus untuk Penguji Lisan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Setelah mengikuti bimbingan tersebut, diharapkan penguji lisan dari kelas 6 mendapatkan pengalaman sekaligus pelajaran penting bagaimana menjadi seorang guru yang standar. Maka dari itu, sebagaimana guru-guru lainnya, mereka pun harus mengikuti standarisasi Penguji Lisan dengan membuat I’dad (Kisi-kisi materi Ujian Lisan) dan memeriksakannya kepada Biro Pendidikan sebelum menjadi penguji lisan. Pemeriksaan Idad ini dilaksanakan serentak yakni tanggal 1 Desember 2016. [WARDAN/Deni]