Apakah Nabi Adam as Dilahirkan ?
Menu

Apakah Nabi Adam as Dilahirkan ?

Foto Kaki By Eramuslim.com

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kali pertama manusia diciptakan tidak ada keterlibatan makhluk lain. Dengan kata lain, Nabi Adam as. Tidak dilahirkan, seperti manusia pada umumnya lewat rahim seorang ibu serta melibatkan makhluk malaikat dan orang tuanya.

Foto Kaki By Eramuslim.com
Foto By Eramuslim.com

Pertanyaan tersebut sangatlah wajar timbul, mengingat kemunculan makhluk – makhluk lainnya pun sejak kurang lebih 3,8 miliar tahun lalu masih terus menjadi perdebatan sains yang tak kunjung padam. Bahkan pertanyaan lanjutan akan muncul sambung – menyambung. Marilah kita pahami dengan baik firman Allah Swt. Di bawah ini.

الّذِي أحْسَنَ كلّ شيءٍ خلقه , وبدأ خلْق الإنسن من طين (7) ثم جعل نسله , من سللة من مّاء مّهين(8) ثم سوـه ونفخ فيه من روحه وجعل لكم السمع والأبصآر والأفئدة قليلا ما تشكرون (9)

Yang membuat segala sesuatu yang dia ciptakan sebaik – baik nya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunnya dari sari pati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh)nya ruh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (QS As Sajdah [32]:7 – 9)

Allah Swt. Jelas dalam firman- Nya mengatakan dengan sangat jelas bahwa penciptaan manusia pada awalnya adalah dari tanah, kemudian disempurnakan dan barulah ditiupkan ruh nya, selanjutnya dijadikan pendengaran, penglihatan, dan hati.Selanjutnya, marilah kita telusuri lebih lanjut informasi dari sebuah potongan hadis yang diambil dari buku Al Haditsu Al Qudsiyyah, lembaga Al – Quran dan Al Hadits Majelis Tinggi Urusan Agama Islam, Kementrian Waqaf Mesir, tentang penciptaan Adam Bab 10, Hadits 92-93, tentang penciptaan Anak Adam Bab 11, Hadits 100-110, sebagai berikut.

“…KHALAQA ALLAHU ADAMA A’LA SHURATIHI “

Pendapat Pertama

Dapat diterjemahkan bahwa : Allah Telah menciptakan Adam tanpa melalui tahapan … ( tahapan normal       seperti manusia ).

Pendapat Kedua

Dapat diterjemahkan bahwa : Penciptaan Adam merupakan bagian dari rahasia – Nya.

Pendapat Ketiga

Dapat diterjemahkan bahwa : Allah telah menciptakan Adam “ Pada/atas/di tabung/kadut”- Nya.

Pendapat ketiga menarik untuk disimak, Cara penciptaan seperti itu mula dikenal dan dipahami oleh para pakar sains masa kini di seluruh dunia walaupun masih tebatas dalam pembuatan film atau masih dalam batas teori semata. Maka dalam firman- NYa dikatakan : “ Maka apabila telah kusempurnakan kejadannya dan kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan) – Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepada-Nya. “ (QS Shad [38] : 72).

Oleh karena itu, sangat jelas buktinya dalam frman Allah Swt. Bahwa kali pertama manusia diciptakan tdak ada keterlibatan makhluk lain, tdak terkecuali. Dengan kata lain, Nabi Adam as, tidak dlahirkan seperti manusia pada umumnya lewat Rahim seorang ibu yang melibatkan makhluk lain nya. Hal ini menyiratkan bahwa proses keberadaan Adam as bukan melalui proses evolusi, melainkan adalah sebuah proses penciptaan secara langsung dari Allah Swt..

Oleh.M.Rifal Mustakim (Ateam) S.Rama Prayogo

Sumber : Benarkah Adam Manusia Pertama ?, karya Ir.Agus Haryo Sudarmojo, Penerbit oleh Bunyan (PT Bentang Pustaka).

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tiga Tanda Kebahagian Seorang Muslim

Tidak ada satupun manusia di dunia ini kecuali dia sedang mencari dan mengharapkan suatu kebahagian, yaitu: “Kebahagiaan di dunia yang fana dan terlebih lagi kebahagian