Sejarah Berdirinya TK Islam Darunnajah

TK Islam Darunnajah didirikan  pada tanggal 17 Oktober 1984 dengan No. SP 1034/101/A/1-84, No Akreditasi : 9231/2002 tanggal 24 Desember 2004 NDS : 000-104-0206 NIS : 000 560 dengan perintis yaitu Ibu Endang Susilowaty S.Pd.I. Beliau merangkap kepla sekolah sekaligus sebagai guru dengan dibantu oleh Ibu Asmara Jaya. Dan pada tahun 1980 keluar izin operasional dari DepDikBud.

Dengan bertambah murid, maka bertambah pula gurunya, yaitu Ibu Winarsih dan Ibu Eni Sripaeni. Tahun 1984, yayasannya masih bergabung dengan Darunnajah Petukangan.Dan tahun 1985, Darunnajah Ulujami sudah mempunyai yayasan sendiri dengan izin operasional dari DepAg.

Pertama kali berdiri, TK Islam Darunnajah hanya memiliki empat kelas, yaitu 2 kelas nol besar dan 2 kelas nol  kecil . Pada tahun1992 jabatan KepSek dialihkan kepada ibu Sukarmi S.Pd.I. Tahun ke tahun telah berjalan, hingga tahun 2009 jabatan KepSek kembali dialihkan kepada ibu Nur Amalia S.H.I sampai sekarang.

TK Islam Darunnajah dirasakan sangat penting keberadaannya dalam rangka ikut serta memncerdaskan kehidupan bangsa yang telah di amanatkan dalam pembukaan UUD 1945 dan dikukuhkan dalam keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 0486/U/1992 tentangn taman kanak-kanak bab II pasal 3 ayat 1. DAN PROGRAM TK Islam Darunnajah disusun untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional dengan memperhatikan perkembangan anak dan kesesuaiannya dengan lingkungan.

Tujuan Didirikannya TK Islam Darunnajah

Berdirinya TK Islam Darunnajah atas keinginan para pendiri atau pengasuh Pondok Pesantren Darunnajah unutk menyeklahkan putra – putri mereka yang bertempat tinggal di sekitar pondok. Karena di sekitar Darunnajah belum ada sekolah TK. Maka dari itu, ketika TK Islam Darunnajah dibuka, pendaftaran mencapai 84 anak.

Tujuan utamanya adalah membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan  anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Merupakan wadah bagi perkembangan seluruh aspek kepribadian anak usia 4-6 tahun direncanakan secara terprogram dan dikembangkan melalui kegiatan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.

Letak Geografis

TK Islam Darunnajah terletak di jalan Ulujami Raya no. 86 Kelurahan Ulujami Kecamatan Pesanggrahan Kabupaten Jakarta Selatan. Letak gedung berada di dalam Pondok Pesantren Darunnajah. Tepatnya, berdampingan dengan gedung SDI Darunnajah yaitu Gedung Sanggit berlantai lima.

Keadaan Murid dan Staf-staf  TK Islam Darunnajah 2013-2014

Jumlah murid hingga kini tercatat sbb:

  1. Kelas Play Group  1  = 8  anak
  2. Kelas Play Group 2  = 7  anak
  3. Kelas A1                       = 15 anak
  4. Kelas A2                       = 14 anak
  5. Kelas B1                        = 12 anak
  6. Kelas B2                       = 12 anak
  7. Kelas B3                       = 12 anak

Sedangkan staf-staf di TK :

  1. Kepala Sekolah          = 1  orang
  2. Tata Usaha                  = 1   orang
  3. Guru kelas                   = 8 orang
  4. BMT                               = 1   orang
  5. Karyawan                    = 2   orang

Program Kegiatan TK

I. Dasar Pemikiran

Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak-anak usia dini berada pada rentangan usia lahir sampai 8 tahun.

Pada usia ini secara Terminologi disebut sebagai anak usia prasekolah. Perkambangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan 50% menjadi 80%. Hal ini menunjukkan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi anak usia prasekolah.

Usia 4-6 tahun mengalami masa peka dimana anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya pengembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, social, emosi, konsep diri, disiplin, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu, dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembanngan anak tercapai secara optimal.

Untuk itu, peran pendidik (orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya) sangat diperlukan dalam upaya pengembangan potensi anak.

II. Maksud dan Tujuan

III. Isi KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) PG/TK

  1. Kompetensi akhlak perilaku
  2. Kompetensi agama islam
  3. Kompetensi bahasa
  4. Kompetensi kognitif : a. matematis

b. sains

5. Kompetensi fisik : a. motorik halus

b. sains

6.   Kompetensi seni

Pencapaian yang diharapkan untuk dilaksanakn kegiatan belajar sambil bermain dengan menggunakan berbagai metode dan tehnik yang sesuai dengan cara belajar anak.

IV. Materi Pendidikan Agama Islam

A. Hafalan Doa Sehari-hari

1. Semester 1

2. Semester 2

B. Hafalan Surat Pendek :

1. Semester 1

2. Semester 2

C. Kisah Nabi-nabi :

1. Semester 1

2. Semester 2

D. Praktek Ibadah

1. Semester 1

2. Semester 2

V. Tata Tertib Sekolah

  1. Murid masuk sekolah dari Senin-Jumat, mulai pukul 07.30 s/d 11.30 WIB. Kecuali hari Jumat sampai pukul 10.00
  2. Untuk Kelompok Bermain, hari Rabu tidak masuk sekolah.
  3. Murid harus mengikuti upacara atau membaca doa (ikrar) sebelum masuk kelas, dan diharapkan hadir di sekolah 10 menit sebelum bel.
  4. Murid yang tidak hadir diharuskan memberi kabar tertulis atau lewat telepon, apabila sakit lebih dari dua hari harap membawa surat dari dokter.
  5. Menggunakan seragam yang disesuaikan.

VI. Ekstrakurikuler

Tujuannya adalah

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri.
  2. Menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat dan kemampuan yang ada pada diri anak.
  3. Trampil bersosialisasi dalam masyarakat

Jenis kegiatannya :

VII. Kegiatan dalam satu hari

– Membaca dua kalimat syahadat

– Membaca AlFatihah

– Membaca Bai’at

– Doa belajar

– Doa kedua orang tua

– Doa dunia akhirat

– Doa keluar kelas

– Doa naik kendaraan

– Janji murid

Gedung Bertingkat 

Ruang kelas yang nyaman

Arena bermain 

Lab. Komputer 

Perpustakaan 

Mesjid 

Kolam Renang 

Lapangan Bola