Menu

[A brief report from England] Kedatangan di Inggris

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

[A brief report from England]

Alhamdulillah rombongan Teacher and Student Exchange Darunnajah to HFCS sudah tiba dengan selamat di England, setelah menempuh penerbangan selama ;
Jakarta – Abudhabi 7 jam
Transit di abudhabi 5 jam
Abudhabi – Manchester 7 jam

Alhamdulillah selama penerbangan ber-jam2, baik guru maupun santri diberi kesehatan.

Tiba di airport Manchester jam 07.25 waktu setempat (Sabtu, 13 Sept) dan dijemput oleh Cath Owens dan John Packer dg menggunakan 1 minibus sekolah dan 1 sedan. Udara dan cuaca pada saat kedatangan, alhamdulillah cukup bersahabat (16 celcius dan mendung berawan).

Alhamdulillah juga pada saat pemeriksaan imigrasi di airport Manchester, tidak terdapat kesulitan, hanya saja karena beberapa peserta masih dibawah umur (15 dan 16 tahun), jadi harus selalu di dampingi oleh saya (Ustzh. Ilfi), karena di visa mereka tertera no paspor saya.

Perjalanan dari Manchester ke Keighley menempuh waktu sekitar 1.5 jam (70 km). Dan rombongan tiba di Keighley sekitar pukul 10.00 waktu setempat, langsung menuju ke sekolah (HFCS). Para host family sudah menunggu di sekolah, di dampingi oleh Eileen (koordinator program) dan beberapa guru.

Acara perkenalan dan serah terima, dilakukan oleh kedua sekolah, sambutan dari Darunnajah diwakili oleh Ustzh. Rizma Ilfi dan dari HFCS diwakili oleh Eileen Llewellyn. Dalam sambutan, saya menyampaikan beberapa hal, diantaranya :
– salam dari Pimpinan dan guru2 Darunnajah, terimakasih atas kerjasama yang baik selama hampir 8 tahun
– terimakasih banyak telah menjadi host family bagi santri2 Darunnajah
– bahwasanya peserta student exchange ini adalah masih “teenagers”, hal2 yg berkenaan dengan disiplin (sholat, tingkah laku, pakaian dan sopan santun), agar host family selalu mengingatkan.
– tidak boleh keluar rumah tanpa didampingi host family masing2 (ini peringatan keras dari HFCS), karena England sangat concern terhadap keselamatan anak2 dibawah 17 tahun, apalagi orang asing
– setiap anak sudah diberikan asuransi full coverage, utamanya tentang kesehatan

Host family yg di tempati oleh santri2 kita, Alhamdulillah SEMUANYA MUSLIM (keturunan Pakistan). Mayoritas sudah mengenal Darunnajah secara baik dan ingin datang ke Darunnajah. Mereka menjamin tentang ke-halal-an makanan yang disajikan untuk santri2 Darunnajah dan juga tentang ketepatan waktu sholat. Pada saat serah terima, para santri dibagikan jadwal waktu sholat yg dikeluarkan resmi dari Dewan Muslim Keighley, pimpinan Mr. Saleem (ket. Majelis Ulama Yorkshire yang juga walimurid HFCS)

Setelah acara ramah tamah dan serah terima selama hampir 2 jam, santri2 Darunnajah langsung dibawa oleh host family masing2 menuju rumah mereka yang letaknya tidak berjauhan.

Adapun kami, Ust. Fajar Suryono, Ustzh. Emah Maziyah dan Ustzh. Rizma Ilfi, menuju rumah Farzana, host family khusus untuk guru2 Darunnajah. Untuk menghindari jetlag, setelah makan siang, kami bertiga keliling kota Keighley dengan berjalan kaki dengan udara yg cukup sejuk. Memang sepertinya berat sekali, mengingat perbedaan waktu antara Indonesia dengan Inggris adalah 7 jam. Tetapi kami sengaja tidak tidur siang agar malamnya bisa tidur dan cepat menyesuaikan dengan waktu yang ada.

Karena di Inggris sekarang sedang pergantian musim dari Summer ke Winter, jadi waktu siang memang agak lama. Dzuhur jam 13.35, Ashar jam 17.15, Maghrib jam 19.32, Isya jam 21.15 dan Subuh jam 06.30.

Insya Allah hari ini (Minggu, 14 Sept) kami bertiga akan silaturahim ke rumah2 host family untuk memastikan bahwa semuanya baik2 saja. Dan siangnya kami akan diajak oleh Cath Owens ke kota Leeds untuk berkunjung ke Leeds University

Mohon do’a dari segenap Ustadz dan Ustadzah di Darunnajah, agar apa yang kita perbuat selalu diridhoi Allah SWT.

Untuk sementara Sekian laporan dari Keighley. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalam

Ustzh. Rizma Ilfi
Ustzh. Emah Maziyah
Ust. Fajar Suryono

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Belajar Sampai ke Negeri Seribu Menara ( Mesir )

Pamulang- Hari ini santriwati Darunnajah melakukan perjalanan ke Mesir, dalam ragka belajar. Peserta Educational and Cultural Visit to Egypt ini salah satunya terdapat Santriwati Darunnajah