9 Kebiasaan Buruk Yang Harus Ditinggalkan Oleh Fotografer
Menu

9 Kebiasaan Buruk Yang Harus Ditinggalkan Oleh Fotografer

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kebayakan fotografer pemula lebih enggan mengupload hasil foto mereka ke media social dikarenakan ketidak percayaan dengan apa yang telah dihasilkan-nya. Nah oleh  karena itu, kapan skill kita akan meningkat kalau tidak di asah sama sekali. Untuk Fotografer pemula seperti saya sebaiknya tak perlu minder dengan hasil yang kita foto, itung-itung saja itu adalah hasil foto yang akan membawa kita menuju  Fotografer profesional. Jika kita ingin menjadi professional kita harus membuang semua kebiasaan buruk walaupun itu sulit dilakukan tetapi kalau tidak dibuang kapan kita akan maju skill kita.

Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang harus kita tinggalkan jauh jauh :

Suka iri dengan Gear Fotografer lain

Kalian boleh iri dalam artian ingin mempunyai barang seperti itu, tetapi jangan di jadikan alasan buat kalian untuk tidak mau berusaha meningkatkan kemampuan kalian, itu semua hal yang salah.

Menyalahkan kamera dan lensa kalau hasil foto kurang bagus

Hal ini juga pernah meyerang saya sendiri dimana terkadang kalau hasilnya kurang bagus saya akan menyalahkan kamera dan lensa yang saya gunakan. Saya baru menyadari itu semua bukan karena kamera dan lensa yang saya gunakan namun kemungkinan besar karena kemampuan saya memotret itu belum baik, jadi bagi kalian yang pemula jangan menyalah kan kamera dan lesan kalian ya… kalau hasilnya kurang memuaskan kalian tetap belajar biar hasil nya juga meningkat dan baik. Tetap semangat…….

Tidak mau belajar hal yang baru

Terkadang kita sudah merasakan sudah cukup dengan hasil yang menurut mereka sudah bagus atau standar. Namun bagi orang lain belum tentu, tetapi anehnya kalian tidak mau mencoba hal baru tersebut. Padahal teknologi fotografi yang selalu berubah setiap waktu kalau kita tidak mau belajar lagi foto kita tidak akan berkembang hasil foto kita. Kata nya ingin profesional tapi gak mau mencoba hal baru….. jangan berharap jadi profesional kalau seperti itu.

Terlalu mengandalkan lensa zoom tanpa mau bergerak mendekat

Memang kebayakan orang agak malas mengambil foto objek dekat lebiih memilih menggunakan lensa zoom aja. Menurut saya kalau kalian seperti itu kalian belum merasakan sensasinya memotret objek dengan dekat itu sangat seru, memang awal agak gerogi dan takut dibilang tak sopan tetapi lama kelamaan kalian tidak akan merasakn seperti lagi orang-orang pun sudah paham sama fotografer yang mengambil foto dengan dekat malahan mereka akan tersenyum. Jadi buat kalian harus mencoba sensasi memotret tanpa lensa zoom….

Berfikir foto yang bagus pasti foto editan

Sebenernya foto yang hasilnya bagus itu memang terlihat bagus dari awal tanpa editan dan ketika ditambahkan dengan editan foto tersebut ya nambah bagus saja dari pada aslinya. Kalau kalian berfikiran kalau foto bagus itu hasil editan itu salah sekali karena sebenernya foto itu bagus karena dari awalnya sudah bagus…

Tidak (mau) menguasai peralatan sendiri (malas baca buku manual)

Jika kalian ingin jago memotret, hal yang palinng sederhana yang kalian bisa kalian mulai adalah dengan membaca buku manual kamera kamu. Kuasai setiap pengaturan kamera yang ada, jangan sampai hanya sekedar untuk memunculkan pop up flash saja yang kalian tau.

Tidak mau bergabung dengan komunitas

Yang kalian harus inget , Komunitas Fotografer adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan kalian secara mudah dan cepat. Kenapa seperti itu, karena di komunitas kalian bisa bertanaya kepada orang yang prefesioanal  sehingga kalian dapat bertambah ilmunya bukan hanya itu saja kalian juga bisa bertukar ilmu denagn orang lain. Jadi kalian harus ikut komonitas fotografer yang ada di daerah kalian ya….

Terlalu focus mengedit foto

Kalian harus mengingat nya kalau foto natural jauh lebih menarik ketimbang dengan menambahkan berbagai motode editing yang rumit.

Tak mau memotret dengan RAW karena repot mengedit

Mungkin kebalikan dengan poin sebelumnya, ada beberapa fotografer yang gara-gara tak mau repot mengedit, jadi dia menggunakan file RAW. Padahal dengan file RAW kalian bisa mendapatkan kualitas yang jauh lebihi baik.

Jadi bagi kalian yang ingin menjadi fotografer profesional kalian harus membuang kebiasan buruk tersebut dan tetap semangat buat menghasil kan hasil hasil yang bagus dan menarik perhatian untuk orang lain. Semoga bermanfaat buat kalian. Kita saling belajar disini jika ada pendapat lain kalian bisa memakai nya untuk kalian masing-masing. GOOD LUCK…. Tetap Semangat…..

(hwatihera99/Wardan)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN