89 Santri Nihai Ikuti Pembekalan Amaliyah Tadris
Menu

89 Santri Nihai Ikuti Pembekalan Amaliyah Tadris

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ahad, 16 Januari 2011 pembekalan ‘amaliah tadris (ujian praktik mengajar) yang biasa dibuka oleh pimpinan pesantren, pada kesempatan kali ini dibuka oleh wakil pimpinan pesantren bidang pendidikan, Ust. Faruq Abshari, S.Pd.I. Info yang bersumber dari ketua panitia, Ust. Husnul Mubarok menjelaskan hal tersebut dikarenakan pimpinan pesantren yang notabene juga ketua Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah sedang berada di Darunnajah Jakarta untuk menerima kunjungan rombongan tamu Rabithah Ittihaad al Jaami’aat al Islaamiyyah yang berpusat di Kairo, Mesir. Pembekalan ini diikuti oleh 89 santri yang terdiri dari; 31 santri VI  ATMI, 24 santri VI B TMI, 9 santri XII MA dan 25 santri XII SMK Darunnajah Cipining. Diagendakan pembekalan ini akan berlangsung selama 3 hari ( 16 – 18 Januari 2011).

Seusai pembukaan, seluruh peserta ‘amaliyah tadris segera mendapatkan pemaparan tentang metodologi  pengajaran secara umum yang disampaikan oleh Ust. Purwanto, S.Ag. Salah-satu guru senior yang kini juga bertugas sebagai guru PNS di sebuah SMP negeri tersebut, sudah beberapa kali menyampaikan pengarahan kepada dewan guru Darunnajah terkait kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan dan hal-hal teknis terkait pengajaran seperti pembuatan progam tahunan, progam semester, rincian minggu efektif, RPP, Standar Kelulusan Minimal (SKM), dan lain sebagainya.

Sesi kedua pembekalan amaliayh tadris yang dilaksanakan ba’da dhuhur disampaikan oleh Ust. Fathul Mu’min Wasyraf, S.Pd.I tentang metodologi pengajaran Fiqh dan Aqidah, dilanjutkan dengan metodologi pengajaran Muhadatsah dan Mahfudzat yang dipaparkan oleh Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I. dalam sesi ketiga juga diadakan simulasi pembukaan pengajaran yang diperagakan oleh M. Fawwazul Haq (Kelas VI A TMI) dan metode penyampaian kosa-kata oleh Halimah Siregar (kelas VI B).

Hari kedua, Senin 17 Januari 2011, beberapa guru senior kembali memberikan pengarahan dan simulasi teaching practice, mereka adalah; Kepala Biro Pendidikan, Ust. Faruq Abshari, S.Pd.I (metodologi pengajaran Muthala’ah), Direktur TMI& Kepala MA, Ust. Musthafa Kamal, M.Ag. (Metodologi pengajaran Tarikh Islam), Kepala Biro Pengasuhan, Ust. Ahmad Rosikhin Wasyraf, S.Pd.I. (Metodologi pengajaran Nahwu), Ust. Muhammad Syukron, S.Ag. (metodologi pengajaran Imla), dan Kepala Pengawas Pendidikan Darunnajah, Ust. M. Mufti Abdul Wakil, S.Pd.I (metodologi pengajaran Tafsir dan Hadits).

Hari ketiga, 18 Januari 2011 merupakan hari terakhir pembekalan yang menghadirkan ust. Syaiful Hadi Scada, S.Pd.I, MT dengan materi metodologi pengajaran Bahasa Inggris. Dan untuk lebih memahamkan para peserta dalam memberikan kritik dalam ujian praktek mengajar, mereka dikenalkan beberapa istilah Naqd Bahasa Arab dan Inggris yang disampaikan oleh Kepala MTs, Ust. Nasihun Sugik, S.E. Berikutnya mereka mendapatkan bimbingan cara pembuatan format RPP atau yang di pesantren familiar dengan istilah I’dad Tadris yang dibimbing oleh anggota Pengawas Pendidikan Darunnajah, Ust. Drs. Abdul Rasyid Sholeh. Selanjutnya seluruh peserta menghubungi guru materi dan jam pelajaran yang akan mereka pergunakan dalam ujian praktek mengajar sesuai dengan jadwal. (WARDAN/Mr.MIM)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN