8 Dampak Negatif Bermain Hand Phone Berlebihan Hand Phone
Menu

8 Dampak Negatif Bermain Hand Phone Berlebihan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Banyak diantara kita yang selalu bergantung dengan Hand Phone atau yang biasa kita sebut HP. mau itu ketika di kendaraan, di sekolah,ataupun di rumah, Bahkan ketika kita sedang mersakan bosan, galau, ngaktuk, dan juga senang, kita akan selalu bergantung kepada Hand Phone. Tapi tahukah kalian dampak negatif jika kita bermain Hand Phone secara berlebihan??

Ini adalah 8 Dampak Negatif Bermain Hand Phone Secara Berlebihan……

Terjadi Ketegangan Pada Mata

blank

Terbiasa berjam-jam menatap layar Hand Phone atau Gadget? Hati-hati, karena ini bisa menyebabkan ketegangan pada mata! Faktanya, diprediksi 2 dari 3 orang akan mengalami ketegangan mata yang disebabkan oleh menatap layar gadget atau Hand Phone secara berlebihan, tutur laman Eye Center of Texas.

Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang melihat Hand Phone atau Gadget lebih dari 150 kali dalam sehari. Padahal, ini menyebabkan banyak efek negatif bagi mata. Namun, kamu bisa menyembuhkan mata tegang dengan berbagai cara, misalnya sering-sering berkedip, kurangi pencahayaan pada layar gadget dan berikan jeda setiap 20 menit sekali. Memakai night mode di Hand Phone juga sangat membantu, lho!

Menyebabnya Mata Kering

blank

Keasyikan bermain dan memakai Hand Phone juga bisa menyebabkan mata kering. Laporan yang diterbitkan dalam BMC Opthalmology menyebut bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu dengan smartphone memiliki gejala mata kering. Namun, ketika penggunaannya dibatasi dalam waktu satu bulan, gejala mata kering tersebut akan berkurang, terang laman 

Kondisi mata kering ini ditandai ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata dan menyebabkan mata jadi merah, bengkak dan iritasi. Ketika kita menatap layar, kita kurang berkedip, membuat mata kurang lembap dan akhirnya menjadi kering.

Membuat Mata Menjadi  Kabur

blank

Terus-menerus menatap layar Gadget atau Hand Phone menyebabkan penglihatan kabur dan sakit kepala. Kondisi ini disebut dengan computer vision syndrome (CVS). CVS dapat merusak penglihatan, gejalanya ditandai dari penglihatan kabur, mata lelah, sakit kepala, sakit leher dan mata kering.

Penyebabnya adalah terlalu sering menatap layar gadget atau Hand Phone, bekerja dalam pencahayaan yang buruk, memiliki postur duduk yang buruk dan telah memiliki masalah penglihatan sebelumnya, sehingga membuat kondisi semakin parah. Solusinya, batasi pemakaian gadget dan jangan memakainya di tempat yang gelap, sering-sering berkedip dan kurangi pencahayaan dari layar.

Menyebabkan Pusing

blank

Ternyata, menatap layar gadget atau Hand Phone terlalu lama tidak hanya mengakibatkan masalah penglihatan, tetapi juga menyebabkan pusing! Biasanya, pusing ini juga disertai dengan masalah lain, yakni mata tegang, leher kaku dan sakit kepala.

Ketika rasa pusing datang, letakkan gadget dan mulai cari cara untuk menyembuhkan. Cobalah untuk berbaring dan pejamkan mata, lalu duduk kembali dan teguk air perlahan-lahan untuk membuat kita tetap terhidrasi. Jika pusing itu tetap bertahan, jangan ragu untuk meminum obat dan beristirahat yang cukup.

Leher Menjadi Kaku

blank

Tak hanya itu, menatap layar Hand Phone  terlalu lama bisa menyebabkan leher kaku. Apalagi, ketika kita melakukannya dengan posisi yang salah, seperti menunduk ke bawah. Menundukkan kepala memberikan banyak tekanan ekstra pada tulang belakang leher.

Faktanya, menundukkan kepala dapat memberi tekanan hingga 60 pon (27 kg) pada tulang belakang. Bahkan, beban akan bertambah 27 pon ketika kemiringan kepala mencapai 15 derajat. Akumulasi beban ini dapat menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan jaringan lunak di sekitarnya.

Mengakibatkan Sakit Punggung

blank

Tak hanya berimbas pada mata, menatap layar gadget terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa laporan menunjukkan bahwa tulang belakang berada di bawah tekanan saat menggunakan Hand Phone.

Apalagi, jika kita menatap gadget terlalu dekat dengan mata, punggung kita jadi tertekuk, lalu mengakibatkan otot nyeri. Kondisi ini juga bisa memicu osteoartritis dini pada tulang belakang leher dan punggung menjadi kaku.

Tangan Menjadi Sakit Kaku

blank

Bukan mata, leher dan punggung saja yang jadi korban, tetapi juga tangan! Ini akibat kita memegang smartphone dengan tangan selama berjam-jam. Berdasarkan studi di Amerika Serikat, tiap orang rata-rata menghabiskan 5 jam per hari memakai Hand Phone dan mengakibatkan sindrom carpal tunnel.

Carpal tunnel menyebabkan rasa sakit, mati rasa, kesemutan di lengan dan tangan. Kondisi ini terjadi ketika salah satu saraf utama tangan, yaitu saraf median, terlalu lama mendapat tekanan, terang laman Ortho Info. Peredaran darah pun menjadi tak lancar dan mengakibatkan rasa nyeri, mati rasa dan kesemutan di tangan.

Mengakibatkan Kerusakan Otak

Yang terakhir ini adalah dampak yang paling buruk dan mengerikan, dari radiasi smartphone bagi kesehatan memang masih kontroversi. Namun, beberapa penelitian menyebutkan ternyata efek jangka panjang radiasi dari smartphone dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan insomnia. Hasilnya, otak dapat menjadi cenderung lebih lemah dan mempengaruhi daya ingat dan juga refleks. Sedangkan efek jangka pendek yang akan mulai dirasakan seperti mual dan sakit kepala.

Cara Mencegah Bermain Hand Phone Secara Berlebihan

Cara ini cukup efektif untuk menghindari kamu dari kecanduan Hand Phone. Jika kamu kerap menghabiskan waktu bersama teman-teman ataupun keluarga seperti travelling, diskusi bersama, dan kegiatan sosial lainnya, dengan sendirinya kamu akan lupa dengan gadget-mu.

Buatlah perjanjian kecil bersama teman-temanmu saat berkumpul untuk sama-sama tidak mengeluarkan handphone. Bangun obrolan yang menyenangkan agar kamu dan teman-teman merasa nyaman untuk menghabiskan waktu bersama.

 

Nah, itulah efek negatif yang terjadi ketika menatap gadget terlalu lama. Yuk kita hindari kebiasaan buruk itu agar tak menyesal di hari tua!

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN