7 Nilai Yang Harus Ditanamkan Ke Santri Agar Tidak Bergaya Hidup Hedonis
Menu

7 Nilai Yang Harus Ditanamkan Ke Santri Agar Tidak Bergaya Hidup Hedonis

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Gaya hidup hedonis sangatlah berbahaya. Terutama gaya hidup ini menyerang kalangan muda yang nantinya di masa depan akan menjadi generasi penerus bangsa dan memimpin ummat.

Untuk itu, perlu adanya penanaman nilai sejak dini agar mereka tidak terjebak gaya hidup hedonis yang merugikan dan merusak diri sendiri maupun keberlangsungan generasi masa depan.

9 Nilai yang dapat ditanamkan agar tidak terjebak gaya hidup hedonis :

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ajaran agama akan menuntun seseorang ke jalan yang benar. Maka dari itu, penanaman nilai kerohanian ini sangatlah penting agar tidak mudah tergoda oleh iming – iming  kenikmatan sesaat dunia.

2. Sederhana Bukan Berarti Miskin

Kesederhanaan adalah awal kebahagiaan.Karena itu, sejak dini anak harus diberi pengertian bahwa hidup sederhana tidak berarti selalu kekurangan. Melainkan sebuah cara hidup untuk menjauhkan dari sifat tamak dan rakus.

Pun mereka harus mengerti bahwa harta benda di dunia ini bukanlah segalanya. Bahwa kebahagiaan sejati hanyalah datang dari hati nurani yang tentram.

3. Tidak Konsumtif

Tanamkan nilai bahwa menjadi pribadi yang konsumtif adalah sesuatu yang buruk. Ajarkan cara memanfaatkan uang secara bijaksana dan arahkan agar mereka tidak bersikap komsumtif serta menghambur – hamburkan uang untuk membeli sesuatu kebutuhan yang tidak perlu.

4. Keinginan jangan selalu dituruti

Keinginan akan harta benda muncul dari hawa nafsu seseorang. Ajari mereka untuk tidak selalu menginginkan sesuatu benda yang tidak perlu. Jika tidak, mereka akan menjadi pribadi yang egois dan manja.

5. Bersyukur!

Terkadang kesulitan hidup yang sedang dihadapi dapat membuat seseorang menjadi lebih rendah hati dan bersyukur. Karenanya, ajari mereka untuk selalu bersyukur dalam apapun keadaannya dan apapun yang dimilikinya.

6.Hati – hati dalam memilih teman.

Teman merupakan pengaruh terbesar dalam menjalani hidup. Karenanya, hati – hatilah dalam memilih teman. Ajari mereka untuk mencari teman yang membawa ke arah yang lebih baik dan tentu saja kepada akhirat.

7. Tidak mudah iri

Ajari mereka agar tidak mudah merasa iri dengan orang lain. Karena itu, bila mereja menginginkan sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Anjurkan kepada mereka supaya bekerja dengan keras dan usaha untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

(ADM Dn9 Raihanah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait