7 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Rasulullah SAW

7 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Rasulullah SAW

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Bulan Rabiul Awal atau yang biasa disebut dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia ini yakni pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau 570 Masehi.

Loading...

Nabi Muhammad SAW merupakan seorang Nabi dan Rasul ke-25 atau terakhir yang menjadi utusan Allah SWT, yang menjadi penutup para Nabi atau Khatamul Anbiya.

Wahyu pertama kali yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5, yang disampaikan oleh Malaikan Jibril di Gua Hiro.

Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Kelahiran Nabi Muhammad SAW

 

Berikut 7 Keutamaan Bulan Rabiul Awal;

1. Disunahkan Perbanyak Sholawat

Pada Bulan Rabiul Awal, disunahkan untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kelak di akhirat, Nabi Muhammad akan memberikan syafa’at kepada umatnya yang sering bershalawat.

2. Berbuat Kebaikan

Bulan Rabiul Awal juga bulan yang baik untuk berbuat berbagai kebaikan seperti menolong sesama, bersedekah, kerja baik dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Selain berbuat baik, pada bulan ini juga dianjurkan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Yang perlu disyukuri atas nikmatNya sampai detik ini, dan selalu mengingat Allah SWT dimana pun dan kapan pun.

4. Perbanyak Shalat Sunnah

Shalat Sunnah juga banyak dilakukan umat muslim pada bulan Rabiul Awal, melengkapi shalat fardhu dengan shalat sunnah. Ada juga yang melaksanakan shalat di tengah malam yaitu shalat tahajud dan shalat fajar di waktu dhuha.

Loading...

5. Wirid & Dzikir

Memperbanyak wirid dan dzikir disetiap aktivitas atau kegiatan yang sedang dilakukan, seraya mengingat Allah SWT merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan.

6. Puasa Senin Kamis

Puasa sunnah Senin Kamis merupakan salah satu yang sering dilakukan Rasulullah SAW sampai akhir hayatnya.

7. Meneladani Sifat Rasulullah SAW

Banyak sekali sifat Rasulullah SAW yang bisa kita teladani, Nabi Muhammad SAW sebagi seorang Nabi dan Rasul yang diutus langsung oleh Allah untuk menyampaikan kepada seluruh umatnya tentang agama Islam.

Dengan kepribadian Nabi Muhammad yang jujur, dapat dipercaya, selalu menyampaikan kebaikan dan juga cerdas. Selain menjadi seorang Nabi dan Rasul, Nabi Muhammad SAW adalah seorang Suami dan Ayah yang baik, perhatian dan banyak memberikan nasehat kepada keluarganya.

Nabi Muhammad SAW tidak pernah marah ketika dihina, dimusuhi bahkan dilempar dengan batu. Sebaliknya, beliau selalu mendo’akan orang-orang yang kerap sering kali memusuhinya dengan do’a-do’a yang baik.

Rasulullah SAW merupakan seri tauladan yang baik dari zaman dulu sampai sekarang.

Semoga kita semua bisa meneladani sifat Rasulullah SAW dengan baik. Aamiin yaa rabbal alamin

(DN.COM/almas_khalishah)

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah