Menu

Berdo’a Sebelum Melakukan Sesuatu Akan Mempermudah Pekerjaan Yang Akan Kita Lakukan.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Setiap memasuki pagi, nabi shallallahu alaihi wasallam selalu membaca do’a ini:

 

اَللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amalan yang maqbul (diterima)”. (HR. Ahmad )

 

Bila kita perhatikan, terdapat korelasi yang kuat antara makna yang terkandung dalam do’a diatas dan waktu untuk membacanya. Ummu salamah mengabarkan bahwa do’a tersebut dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam usai mengucapkan salam pada sholat subuh, dimana pada waktu tersebut orang-orang memulai aktifitas hariannya.

 

Tiga permohonan yang termaktub dalam hadits diatas seolah menggambarkan target yang harus dicapai oleh seorang muslim saat akan mengarungi harinya. Seakan-akan dengan membaca do’a diatas seorang muslim telah menentukan apa yang harus digapainya pada hari itu, sehingga dirinya termotivasi untuk mewujudkan semua itu dibawah taufiq dan bimbingan Allah. Berbeda dengan orang yang tidak memulia paginya dengan do’a diatas. Langkahnya tidak menentu, hidupnya seolah tak memiliki tujuan dan arah yang pasti.

Awali setiap aktivitas kita dengan berdo’a kepada Allah SWT. karena usaha tampa do’a itu sombong, dan do’a tampa usaha itu sia-sia

(klm)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait