Menu

PEDOMAN KEGIATAN PRAKTIK PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

Logo-Darunnajah
Logo-Darunnajah

PEDOMAN KEGIATAN

PRAKTIK PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRAKTIK PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM)

PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA

 

 

 

Disusun oleh:

Panitia Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) 2016

Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur, Prov. Lampung.

Diterbitkan Untuk Kalangan Sendiri, oleh:

Biro Kemasyarakatan Pondok Pesantren Darunnajah

Jl.Ulujami Raya No.86 Pesanggrahan Jakarta Selatan 12250

Terbitan ke- 4tahun : 2015/2016

PRAKATA PENYUSUN

SAMBUTANPIMPINAN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Segala puji syukur kami haturkan ke hadirat Allah SWT.

 

Shalawat dan salam semoga tercurahkan selalu kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, semoga kita termasuk umat beliau yang dapat berpegang teguh kepada AL-Qur’an dan As-Sunnah.

Kami menyambut baik atas diterbitkannya Buku Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) tahun 2016.

Banyak hal yang dapat kita syukuri, diantaranya pada tahun ini meningkatnya animo kepercayaan masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darunnajah, sekaligus sebagai amanat yang kita laksanakan.

Begitu besar harapan masyarakat terhadap pondok Pesantren Darunnajah dan orang tua santri terhadap anak-anaknya, sehingga para santri harus terus meningkatkan kemampuannya.

Adalah kesempatan yang berharga bagi santri kelas akhir Tarbiyatul Mu’allimin/Mu’allimat al Islamiyah (TMI) untuk melaksanakan Praktik Pengabdian masyarakat (PPM) tahun 2016, hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga dalam masyarakat maupun dalam kehidupan nanti.

Kegiatan PPM tahun ini ditempatkan di daerah Lampung Timur, bukan sekedar mengisi waktu liburan saja. Diantara tujuan kegiatan PPM adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan santri dalam bidang kemasyarakatan, sosial, dan keagamaan.
  2. Menumbuhkembangkan sikap kemandirian santri dan jiwa tolong menolong
  3. Peka terhadap permasalahan kemasyarakatan dan keagamaan, serta dapat memberikan solusi penyelesaian terhadap berbagai masalah.
  4. Menjalin tali silaturahmi antara Pondok Pesantren Darunnajah dengan masyarakat luas.
  5. Santri menyadari akan kekurangan dirinya, sehingga pada kesempatan yang ada, santri akan berusaha memenuhi kekurangan itu.

Mudah-mudahan kegiatan PPM tahun ini dapat berjalan lancar dan akan lebih bermanfaat bagi kehidupan santri di masa yang akan datang.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Jakarta,    16 Shafar 1436                                                                                        14 Desember 2015

 

 

 

Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si.

Pimpinan Pesantren Darunnajah

 

Bismillahirrahmănirrahîm

Assalămu’alikum Warahmatullăhi Wabarakătuh

 

Segala puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT atas inayah-Nya penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) dapat terwujud.

Shalawat dan salam semoga tercurahkan selalu kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW,semoga kita termasuk umat beliau yang dapat berpegang teguh kepada al Qur’an dan As Sunnah.

Kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan satu dari rangkaian kegiatan yang bersifat wajib diikuti secara individu oleh santri senior.Spirit kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) didasari oleh cita-cita pendiri Pondok Pesantren Darunnajah dengan mengaplikasikan Panca Darma Pesantren dan panca Jangka melalui pendekatan dakwah Islamiyah berbasis dakwah bi al hăl para santri senior langsung di masyarakat.

Sejak tahun 2000 penyusun aktif serta dalam kepembimbingan PPM, dari pengalaman membimbing santri senior pada kegiatan ini dan atas dorongan Pimpinan Pesantren maka kami susunlah buku petunjuk Teknis PPM yang sederhana ini.

Selanjutnya kami haturkan terima kasih kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah yang merestuai penerbitan buku panduan ini dan juga segenap pihak yang sudi membantu kami selama penyusunan buku ini, Jazaakumullah.

Semoga dengan terbitnya Petunjuk Teknis (Juknis) Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) dapat memudahkan panitia dan peserta dalam melaksanakannya dan semoga bermanfaat, berkah serta menjadi amal jariyah,amin.

 

Wassalamu’alikum Warahmatullăhi Wabarakătuh

 

Jakarta, 21 Desember 2015

Hormat penyusun

Panitia Praktik Pengabdian Masyarakat 2016

 

 

 

  1. Latar Belakang

Pondok Pesantren Darunnajah berdiri pada 1 Agustus 1961 adalah sebuah lembaga sosial kemasyarakatan yang berbasis pendidikan.Pesantren dalam definisi umum sebagai lembaga pendidikan Islam dimana Kyai sebagai sentral figur dan masjid menjadi sentral kegiatan.

Bentuk pembinaan santri di Darunnajah mengacu kepada Panca Bina dimana para santri dididik untuk memiliki: Ketaqwaan kepada Allah SWT, Berakhlak Mulia, Berpengetahuan Luas, Jasmani Sehat, Terampil dan Kretaif didasari oleh Panca Jiwa: Keikhlasan, Kesederhanaan, Kemandirian, Ukhuwah Islamiyah serta Jiwa Bebas Merdeka.

Dari beberapa kegiatan yang diperkenalkan kepada para santri senior atau kelas 3 Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darunnajah adalah Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) yang merupakan aplikasi dari Panca Darma yaitu: Ibadah, Ilmu yang Berguna di Masyarakat, Kader Umat, Dakwah Islamiyah, Cinta Tanah Air dan Berwawasan Nusantara, serta aplikasi dari Panca Jangka Darunnajah yaitu: Pengkaderan.

Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan program tahunan Pondok Pesantren Darunnajah, dimana para santri senior ditebar secara berkelompok di daerah-daerah tertentu sesuai kriteria masyarakat yang dipilih oleh Pimpinan Pesantren, dan masa kegiatan PPM adalah 2 minggu dari hari kedatangan dilokasi tujuan.

 

  1. Tujuan Praktik Pengabdian Masyarakat. (PPM)

Tujuan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) memiliki tiga tujuan utama:

  1. Peserta: Menjadikan peserta PPM belajar dan mengenal langsung ragam sosial kemasyarakatan dengan empati dan mengabdikan ilmu yang didapat selama di Pesantren dengan simpati dakwah Islamiyah ditengah masyarakat yang mana diharapkan santri lebih matang secara kepribadian dan  terbangun karakter Islamiyah setelah selesai kegiatan tersebut.
  2. Masyarakat: Menjadikan masyarakat lebih tercerahkan dengan metodologi dakwah melalui pendekatansosial kemasyarakatan yang dilakukan oleh para santri peserta sehingga terbangun harmoni Islamiyah di desa obyek.
  3. Lembaga: Melalui kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat diharapkan masyarakat lebih mengenal langsung hasil didikan Pesantren Darunnajah sehingga memiliki pandangan bahwa Pondok Pesantren Darunnajah adalah lembaga dakwah social kemasyarakatan yang harus dibela.
  • Kepanitiaan

Kepanitiaan PPM dilaksanakan oleh asatidz/ah (guru) Pondok Pesantren Darunnajah dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)sebagai berikut:

  1. Penasehat dan Pembina
    1. Mengarahkan dan membimbing panitia
    2. Memberikan usulan dan saran bagi jalannya kegiatan PPM
    3. Mengontrol jalannya PPM
    4. Sebagai konsultan umum
  1. Ketua
  1. Bertanggungjawab atas jalannya kepanitiaan PPM
  2. Berkonsultasi dengan penasehat dan Pembina
  3. Mengontrol jalannya kepanitiaan PPM
  1. Sekretaris
  1. Mengotrol administrasi dan surat menyurat
  2. Menyiapkan berkas-berkas kegiatan PPM
  3. Memuat Vandel, blocknote, piagam penghargaan, sertifikat
  4. Membuat proposal kegiatan PPM
  5. Membuat diktat laporan kepanitiaan
  1. Bendahara
  1. Mengatur sirkulasi keuangan
  2. Bertanggungjawab atas masuk keluarnya dana
  3. Membuat rencana anggaran pengeluaran
  4. Menghimpun sumbangan {donasi} yang tidak mengikat
  5. Mengeluarkan dana atas sepengetahuan ketua
  6. Membuat laporan keuangan akhir beserta bukti pengeluaran
  1. Sie. Perizinan dan Penempatan Lokasi
  1. Mengurus Perizinan kegiatan PPM
    • Badan Kesejahteraan dan Masyarakat [Kabupaten tempat lokasi PPM]
    • Kecamatan
    • Kelurahan
    • Kepolisian
  2. Menentukan lokasi PPM berkoordinasi dengan Kepala Desa serta aparat setempat
  3. Menyiapkan tempat tinggal peserta PPM dan berkoordinasi dengan Kepala Desa/ aparat
  4. Melakukan fungsi monitoring harian
  1. Sie. Pembekalan
  1. Membuat Jadwal pembekalan PPM dan nara sumber/tutor
  2. Menghubungi narasumber pembekalan bekerjasama dengan sekretaris
  3. Menentukan kelompok PPM
  4. Membuat jadwal piket peserta PPM
  5. Membuat absensi peserta PPM
  6. Menyiapkan tempat dan kelengkapanuntuk pembekalan PPM
  1. Sie. Kepembimbingan
  1. Menentukan Pembimbing Kelompok PPM bekerjasama dengan STAIDA
  2. Bertanggungjawab dalam penyediaan sarana transportasi keberangkatan dan kepulangan peserta PPM dan transportasi ke lokasi PPM bekerjasama dengan sie. Perizinan dan penempatan lokasi
  3. Menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan bekerjasama dengan Klinik Pesantren
  4. Menyiapkan kendaraan untuk monitoring kegiatan dan lokasi PPM
  1. Pembimbing

Pembimbing PPM adalah mahasiswa/i STAIDA (Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah) semester 5 sekaligus sebagai syaratkelulusan. Adapun tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pembimbing kelompok PPM sebagai berikut:

  1. Wajib mengikuti pembekalan PPM pada tempat dan waktu yang diatur oleh panitia.
  2. Mewakili Pimpinan Pesantren dan Panitia dalam hal berhalangan pada kegiatan besar masyarakat, pembinaan dan pembimbingan langsung kepada peserta sekaligus sebagai stabilitator kegiatan PPM pada kelompok yang dibimbingnya.
  3. Sebagai fungsi pembinaan ubudiyah peserta dan rotasi kegiatan individu pada kelompok.
  4. Melaksanakan dan memimpin rapat harian beserta seluruh peserta dengan membuat Planing (Perencanaan) kegiatan selanjutnya dan Evaluasi pada kegiatan yang telah dilaksanakan pada setiap malam (setelah usai kegiatan).
  5. Membangun komunikasi aktif dan baik dengan panitia PPM, tuan rumah, aparat Desa dan tokoh masyarakat.
  1. Peserta

Peserta PPM adalah santri kelas akhir TMI (Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah) Pondok Pesantren Darunnajah, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mentaati seluruh rangkaian disiplin Pesantren dan disiplin yang ditetapkan oleh Panitia PPM.
  2. Berniat Ikhlas untuk melaksanakan Dakwah Islamiyah melalui kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat.
  3. Menjunjung tinggi akhlak karimah santri ditengah masyarakat dengan menampilkan kepribadian mulia serta selalu menjaga K3 (Kebersihan, Kerapihan, Ketertiban) dikawasan tempat tinggal dan lokasi PPM
  4. Melaksanakan kegiatan Praktik pengabdian Masyarakat dengan sepenuh hati dan bersungguh-sungguh sehingga terbangun jiwa kemasyarakatn dan dakwah Islamiyah.
  5. Ketua Kelompok adalah santri yang dipilih oleh panitia dan berkewajiban membuat organisasi kelompok dan mengorganisir seluruh kepeluan dan kelengkapan jelang PPM dan pada saat PPM serta membagi tugas setiap individu dengan berkonsultasi dengan pembimbing
  6. Peserta PPM melaksanakan seluruh alur kegiatan dengan sebaik-baiknya.

 

 

  1. Bentuk Kegiatan.

Bentuk-bentuk kegiatan pelaksanaan di lapangan, terdiri atas :

  1. Praktik kegiatan keagamaan
  2. Praktik kegiatan social
  3. Praktik kegiatan bidang pendidikan
  4. Praktik kegiatan keterampilan
  • Teknis Penempatan Peserta Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) Santri Kelas Akhir TMI Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta Tahun 2015/2016

Ketentuan tempat tinggal untuk peserta PPM diserahkan kepada kepala Desa masing-masing. Dengan ketentuan:

  1. Karena jumlah peserta cukup banyak yaitu 10-12 orang, jadi maksimal menyediakan tempat tinggal untuk 12 orang. Maka boleh lebih dari satu rumah, tapi untuk makan disatu tempat.
  2. Boleh rumah penduduk (bersama msyarakat), atau rumah kosong (khusus putra) dengan syarat keamanan terjamin.
  • Ada kamar istirahat
  • Ada kamar mandi
  • Ada orang yang menyediakan makan (masak nasi, sayur, lauk-pauk, dsb, yang sederhana saja). Makan 3 x sehari (pagi, siang, sore) selama tinggal dirumah tersebut (15 hari). Untuk dana makan telah disediakan oleh panitia.
    • Dekat dengan Sekolah, Masjid, dan Balai pemerintahan

 

Wassalam, Wr. Wb.

 

Nurmahmudin

Ketua Pelaksana PPM 2015/2016

 

  1. Contoh Jadwal Kegiatan
No Hari Kegiatan Tempat Penaggung Jawab
1 I Tiba dilokasi Rumah Peserta
Silaturrahim dengan tuan rumah Rumah Peserta
2 II Silaturrahim ke Kepala Desa Balai Desa
Silaturrahim ke Tokoh Masyarakat Rumah Tokoh Masyarakat
Silaturrahim ke Ulama Rumah Ulama
Silaturrahim ke Karang Taruna Rumah Karang Taruna
3 III Mulai mengikuti majelis ta’lim Masjid/Mushalla
Mulai Mengajar SD/MI/TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan rapat dengan Kepala DesaPerihal mengadakan kegiatan di desa Balai Desa
4 IV Mengikuti majelis ta’lim Masjid/Mushalla
Mengajar SD/MI/TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan rapat dengan Karang TarunaPerihal mengadakan kegiatan di desa Rumah Ketua Karang Taruna
5 V Mengikuti majelis ta’lim Masjid/Mushalla
Mengajar SD/MI/TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mulai mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mulai mengadakan perlombaan keagamaan TPA
6 VI Mengikuti majelis ta’lim Masjid /Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
7 VII Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
8 VIII Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
9 IX Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
10 X Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
11 XI Mengikuti majelis ta’lim Masjid /

Mushalla

Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
12 XII Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan keagamaan TPA
13 XIII Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan perlombaan olahraga Lapangan
Mengadakan perlombaan ketangkasan Lapangan
14 XIV Mengikuti majelis ta’lim Masjid / Mushalla
Mengajar SD / MI / TPA
Membuka perpustakaan kecil Rumah Peserta
Mengadakan bakti sosial Balai Desa
15 XV Persiapan Malam Perpisahan Balai Desa
Panggung Gembira / Malam Perpisahan Balai Desa
16 XVI Kembali Kedarunnajah Jakarta Balai Kecamatan

 

 

  1. Etika Kemasyarakatan
  • Kata sakti selama kalian berada disebuah tempat baru adalah: “Maaf”, Permisi (punten, pararunten), Terima Kasih (hatur nuhun)
  • Hormati tradisi desa dan kearifan lokal-nya, bila ada tradisi yang bertentangan dengan ruh pesantren jangan berkomentar didepan masyarakat tetapi konsultasikan segera kepada panitia PPM.
  • Kenali dan hormati Tuan rumah, Kuwu (Lurah/Kades-Kepada Desa), Ekbang (Sekdes-Sekretaris Desa), Kadus (Kepala Dusun/RW),RT dan sebutlah nama serta gelarnya dengan benar.
  • Perlu mengenal tokoh pemuda dan Kepala Sekolah agar mendapatkan bantuannya saat akan merencanakan kegiatan.
  • Cukupi kelengkapan kelompok dan individu dan hindari meminjam kelengkapan penduduk yang mengakibatkan disharmonisdengan pihak yang dipinjam barangnya karena hilang atau lupa mengembalikan.
  • Berjabat tangan dengan erat dan hangat (bagi putra) tatap wajahnya dengan lembut, tersenyumlah dan sebut namamu dengan lengkap serta kenalkan beberapa temanmu serta sampaikan salam dari Pimpinan Pesantren.
  • Well Informed (selalu memberikan informasi) atau bersilaturahmi kepada tokoh desa khususnya Lurah (Kepala Desa/Kuwu) dan Kadus (Kepala Dusun/RW).
  • Datang menampakan muka dan pulang menampakan punggung adalah Pribahasa Indonesia yang harus menginspirasi peserta kelompok bahwa akhlak karimah mutlak dijaga saat kedatangan dan saat meninggalkan desa PPM.
  • On Time (tepat waktu) dalam seluruh kegiatan khususnya ketika mendapat undangan masyarakat.
  • Smile You Can Open the World – Senyumlah maka engkau dapat membuka gerbang dunia.

 

 

KETERANGAN:

Tabel Penilaian hasil kerja kelompok dan peserta PPM :

 

Waktu Kegiatan 8 ≤  Jam 6,5 – 7,5

Jam

5-6

Jam

5<

Jam

Nilai A B C D

 

 

CONTOH-CONTOH KEGIATAN PPM

  1. Mengadakan kumpulan antara jajaran/staff desa dan seluruh peserta kelompok dan pembimbing kelompok untuk membicarakan progress acara PPM
  2. Mengetahui kepada siapa peserta ppm harus berkonsultasi untuk mendengar acara. Contoh: penanggung jawab karang taruna, kepala TPA, Kepala Sekolah, dan Seluruh jajaran/staff Desa.
  3. Mengetahui data fisik desa (jumlah Dusun, RT/RW, Watak, Karakter, Masyarakat tersebut)
  4. Mangadakan pengajian/Majlis Ta’lim.
  5. Mengajar di sekolah dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), TPA, TK/RA, Madrasah Diniyah (MD).
  6. Mengadakan bakti sosial atau kerja bakti.
  7. Membuka perpustakaan mini.
  8. Mengajarkan seni budaya (qori’, rabana, hadrah, menyanyi, menari, dan kesenian lainnya).
  9. Mengajarkan olahraga.
  10. Mengadakan perlombaan atau pertandingan-pertandingan.
  11. Mengadakan pentas seni atau perpisahan dimalam terahir sebelum kembali ke tempat asal.
  12. Membantu jajaran/staff Desa.
  13. Mengajarkan pidato.
  14. Mengadakan perlombaan anak-anak.

 

 

Contoh Surat.

Nomor   :  01 .05/PPM/DN/XI/2015                               9 Shafar 1437

Lamp     : Jadwal Pembekalan PPM                                                21November 2015

Perihal    : Kesediaan Menjadi Pembicara

 

Yang terhormat,

Ustadz Drs. K.H. Mahrus Amin

Pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah

di tempat

 

Assalamu ‘alaikumWr.Wb.,

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga Ustadz selalu dalam lindungan Allah swt.,dan dapat menjalankan aktifitas dengan baik. Amin.

Selanjutnya, Panitia Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) periode 2015/2016 memohon kesediaan Ustadz untuk menjadi pembicara pada acara Pembekalan PPM yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal       : Rabu, 23 Desember 2015

Waktu                    : (terlampir)

Materi                    : (terlampir)

Tempat                  : Aula 4 Windu

Acara                     : Pembekalan Praktik PengabdianMasyarakat

(PPM) 2016 Santri Kelas Akhir TMI Darunnajah

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kesediannya kami haturkan terimakasih.

 

Wassalamu ‘alaikumWr.Wb.,

 

                                                                                                                                                                                                                Nurmahmudin

Ketua PPM

 

Kontak Person:

  1. Abdul Rohman : 0857 8135 1356
  2. Sesriati : 0852 1099 3989

 

 

 

Nomor   : 7313.01/DN/VIII/2015                                   26 Syawwal 1436

Perihal    : Undangan menghadiri acara                       11 Agustus 2015

 

Yang terhormat,

Nama

jabatan

di Jakarta

 

Assalamu’alaikum W r. Wb.

Semoga Bapak beserta staf selalu dalam lindungan dan ridha Allah SWT., dan senantiasa sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Amin.

Atas usaha dan do’a bersama, alhamdulillah Pondok Pesantren Darunnajah kini telah menginjak usianya yang ke-54 tahun dan telah memiliki 15 cabang pesantren diseluruh wilayah Indonesia dengan jumlah peserta didik (santri) 8.222 dan tenaga pengelola 1.054 orang.

Kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh santri kelas akhir TMI Darunnajah sebagai pelatihan bermasyarakat ketika menjadi Alumni. Insya Allah kegiatan PPM tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 16 Januari 2016 yang bertempat di Kec. Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. PPM 2016 kali ini insya-Allah akan dibuka oleh Bupati Lampung Timur Bapak. Drs. Tauhidi, M.M.pada:

hari, tanggal          : Senin, 4 Januari 2016

waktu                     : Pukul 09.00 s.d. selesai

tempat                   : Gedung Pusiban Sukadana, Komplek perkantoran

Pemda Lampung Timur, Kab. Lampung Timur.

Pada kesempatan tersebut, kami mohon kiranya Bapak …….. berkenan hadir pada acara tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum w.w,

 

 

 

 

Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si.

Pimpinan Pondok Pesantren

Contact person:

Ahmad Parlaungan Tanjung 0812-9474542

Kelompok Putra Peserta Praktik Pengabdian Masayarakat

 

KELOMPOK 1 KELOMPOK 2
Pembimbing: Pembimbing:
1 MUHAMMAD FERI FERDIAN 1 FITRAH APRESIA
2 ARI SETIAWAN
NO NAMA NO NAMA
1 Singgih Prasetya Putra 1 Ardian Majid
2 Afrizaldi Hutama Putra 2 Achmad Dion Perdana
3 Chotibul Umam 3 Achmad Farchan
4 Foreza Harvi Ghaufar 4 Bimo Rajendra Firzatullah
5 Mohammad Fatkhu Rizqi 5 Ezza Ramadanta
6 Muhammad Habibie Ainul 6 Muhammad Reza Alfian
7 Muhammad Ihsan Ali 7 Muhammad Zidni Rahman
8 Naufal Azmi 8 Sriwihastomo Arif Maulana
9 Qomarul Achyar 9 Wisnu Wicaksana
10 Abi Yusuf 10 Dwi Prasetyo Wibowo
KELOMPOK 3 KELOMPOK 4
Pembimbing: Pembimbing:
1 AIMAN M ROIHAN 1 JAJULI
2 SYAHRI MAULANA
NO NAMA NO NAMA
1 Rizal Febriansyah 1 Fikri Haikal Al-Faruqi
2 Ahmad Alwan Satria 2 Farhan Rifqi Firmansyah
3 Azhar Bisyri Habibie 3 Haekal Ramanda Putra
4 Fachri Abdullah Alhaddad 4 Iksan Sehe
5 Muhammad Fikri Haikal Usman 5 Muhammad Ersa Arkhab
6 Muhammad Haikal Fanzury 6 Muhammad Rizky Kurniawan
7 Muhammad Maulana Tanja Putra 7 Naufal Mustaqim Maskur
8 Muhammad Yusuf Umar 8 Ujang Syahrudin
9 Wafi Itqo Tsani 9 Wijaya Rama Gustoro
10 Agung Mas Prabowo Utomo 10 Dimas Samiadjie Arrahman
 

 

KELOMPOK 5

 

 

KELOMPOK 6

Pembimbing: Pembimbing:
1 AHMAD SIDIQ 1 MUHAMMAD ZAINI
2 NURUL HUDA
NO NAMA NO NAMA MUHAMMAD ZAINI
1 Muhammad Reza 1 Rizky Khairul Anam
2 Ahmad Wildan Alfikri 2 Faizal Nur Rokhman
3 Bagus Rizky Handoko 3 M. Yogi Ramlan H
4 Maulana Ichsan 4 Muhammad Fahril Ghufron
5 Muhammad Fitri Jazuli 5 Muhammad Fikri Haikal
6 Muhammad Ghamets Rudy 6 Muhammad Fuad Mubarok
7 Muhammad Rusydan Annas 7 Muhammad Iqbal Akbar
8 Muhammad Yusuf Alfaruqi 8 Rifka Ainul Fauzi
9 Rikal Aryayuta Perdana 9 Rifki Pratama
10 Fahmi Aziz 10 Muhammed Tuhfaturrozy
KELOMPOK 7 KELOMPOK 8
Pembimbing: Pembimbing:
1 DADAN HAMDANI 1 NURHAM
2 BAYU ADI SAPUTRA 2 MUHAMMAD KHUZAIFAH
NO NAMA NO NAMA
1 Muhammmad Syawaluddin Anwar 1 Rahmatullah
2 Abdurrohim 2 Afiq Hamdani
3 Herlis Fahmil Qur’ani 3 Faiz Abiyandani
4 M Hafidz Adel 4 Muhammad Andika
5 Muhammad Diandra Rafif 5 Muhammad Fadhil
6 Muhammad Lutfi Hakim 6 Muhammad Fadil Ardiansyah
7 Reyhan Annafis 7 Muhammad Ghiyats Jakeh
8 Rezky Achyar 8 Muhammad Ilham Akbar
9 Rifki Firza Irwan 9 Setioko Akbar Ari Agam
10 Miftahul Khausar Samiran 10 Abiyyu Hidayat
 

 

 

KELOMPOK 9

 

 

 

KELOMPOK 10

Pembimbing: Pembimbing:
1 MIDUN AKHMAD 1 HASAN KAPAWI
2 AHMAD FAIZUDDIN
NO NAMA NO NAMA
1 Muhammad Za’im Islach 1 Deden Muhammad Alfian
2 Ahmad Raihan Padlan 2 Arsyad Hanafi
3 Galih Intando Febriana 3 Kasyiful Ulum
4 Gustri Naufal Avicenna 4 Mohammad Arby Pamungkas
5 Muhammad Furqon Al-islam 5 Muhammad Syahroni
6 Muhammad Hendrik 6 Muhammad Yusuf Herlambang
7 Muhammad Taufiqurrahman 7 Nurfahmi Sudrajat
8 Muhammmad Ibnu Tohir 8 Rinaldy HI Malik
9 Sutrisno 9 Suhail Muhammad
10 Taufik Mulyadi 10 Faris Syafiq Ahfi
11 Muhammad Rizky

 

 


 

Kelompok Putri Peserta Praktik Pengabdian Masyarakat

 

Kelompok 1 Kelompok 2
Pembimbing : 1. Khoiriyah Pembimbing : 1. Yuliana arsyad
2. Syifa fauziah
No Nama No Nama
1 Maharani Dewanti Setiaputri 1 Julia Rifani
2 Gina Apriliani Putri 2 Nafisha Qurrata A’yuni
3 Mutia Balqis 3 Fanny Putri Afsyalia
4 Khazenatul Qadri 4 Dwi Seftilia Ningsih
5 Siti Fatimah 5 Albania
6 Nurul Fasivica 6 Claresta Oktavina Ahmad
7 Qotrun Nada 7 Ellena Rizki Amalia
8 Yulia Putri Savira 8 Viika Saffaanah Velayati
9 Umi Inayah 9 Izzatunnisa
10 Della charizah 10 Indah zubaidah
11 Rizka nurdianti 11 Ayu nurjannah
Kelompok 3 Kelompok 4
Pembimbing : 1. Dwi yasyfiani Pembimbing : 1. Ainu rojana
2. Tri utami
No Nama No Nama
1 Zahira aulia 1 Nurhidayah
2 Fairuz syifa musa rumain 2 Siti muthmainnah jufri
3 Fira alya hapsari 3 Putri nurfitriani
4 Rana rachmayanti 4 Nur cahaya
5 Shilvia afriska sidi 5 Ainun amalia
6 Annisa nur hazfira 6 Ashri fadhillah rahmad
7 Nada nabila 7 Zulfa chusna
8 Dara fauziah 8 Andini salimah
9 Siti aisyah humaira 9 Sheila natasha
10 Nindita nurillah 10 Vivi nurjannah
11 Intan rahmi nur hidayati 11
Kelompok 5 Kelompok 6
Pembimbing : 1. Indah ratna sari Pembimbing : 1. Royal aini
2. Ade intan hijriani 2. Diniar
No Nama No Nama
1 Siti aulia andrianti 1 Oktaviyana anugerah k
2 Havara mahadhini 2 Vilcka wahidatul wildah a
3 Isra afra nafisha 3 Nur hafni zahro
4 Ayu indrayeni yusuf  thalib 4 Devia yasinta hariadi
5 Siti sarah 5 Alfa nurfadhila shiamy
6 Vina zaynah kholilullah 6 Nisrina kamilia
7 Andina salamah 7 Chairunnisa octaviana
8 Farhatan nabila nurul hidayat 8 Yohana adibah
9 Anita auliana 9 Rica agustin al husna
10 Dwi ayuningtyas 10 Nurul fadhilah fakaubun
11 11
Kelompok 7 Kelompok 8
Pembimbing : 1. Ayu anira Pembimbing : 1. Yuliana sofaruddin
2. Devi priwahyuni 2. Fitri fauziah
No Nama No Nama
1 Aisyah mulyana febrianti 1 Dellarosa windy adinda
2 Mega halimah kusuma astuti 2 Monicha vilia safutri
3 Ficka sonia putri 3 Rofi annur fatimah
4 Aldilain nurwinsyahana busanta 4 Hartina
5 Nurul adlina daeng barang 5 Nida saifana
6 Qurataini 6 Nabella safira
7 Firda farhany dimyati 7 Luthfitah nabilah husen
8 Alifah sarah widad r 8 Afifah resti pradita
9 Nadila ariska 9 Erni
10 Rahmah  afifah 10 Nilta zulfadini
11 Sumayyah hilyatul afida 11 Annisa nabilah rizqaviany
Kelompok 9 Kelompok 10
Pembimbing : 1. Yuni nurul hijrah Pembimbing : 1. Khofa maqoma
2. Nurul farachin
No Nama No Nama
1 Sarah hafidzah 1 Rabicha hilma jabar sasmita
2 Dinar nur syifa 2 Susi nurdinaningsih
3 Nimas pangestuti 3 Viola mashury
4 Nur afifah balqis 4 Rifda nurjannah
5 Sahara rizki 5 Dewi purnamasari
6 Vega anggini putri 6 Puteri salsabila
7 Nurul husna 7 Chici kurniati rusni
8 Via nur asyifa 8 Diah ayu fitria
9 Chika putih maharani 9 Zaizafun
10 Tifanny rahmawati 10 Nabila hidayatus sholehah
11 11 Putri syafika izzati rachman
Kelompok 11 Kelompok 12
Pembimbing : 1. Siti ulfa Pembimbing : 1. Sri wahyuni
2. Nur wahidah
No Nama No Nama
1 Sarah rizqi ramadhina 1 Zaharal haq
2 Estu hergamita 2 Maysa sonia alam rahman
3 Salma hasna zulfa 3 Jasmine anindita putri
4 Anisya widowati 4 Nabila hana sabira
5 Ditha adiany 5 Citra rahma aulia
6 Ema pratiwi al hutami 6 Tsalisaturrajbiah
7 Ria dwi nurmala sari 7 Rumaisa hilya karima
8 Latifah khumairah 8 Wardah suhaeri
9 Hanis rahmah arbaini 9 Amila hasna sa’adah
10 Dyah ulfa khairunnisa 10 Hanifah anyelia khairunnisa
11 Layla nur fitriani 11 Fida widia nur ridza

 

 

 

 


 

Panitia Pelaksana Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM)

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta Tahun 2015/2016.

 

Pelindung:

  1. Ust. Drs.K.H. Mahrus Amin (Pendiri sekaligus Pimpinan

Pesantren Darunnajah)

  1. Ust. K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.H. (Ketua Yayasan)
  2. Ust. Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si. (Pimpinan Pesantren)
  3. Ust. Nasirin, S.Pd.I. (Ka. Biro Kemasyarakatan)

Pembimbing:

  1. Ust. Agus Suhendi (Staff BPS Putra)
  2. Ust. Fady Zulham Shah (Staff BPS Putra)
  3. Usth. Julia Mahlida Ningsih, S.Pd.I. (Staff BPS Putri)

Ketua:

  1. Ust. Nurmahmudin (Staff BPS Putra)
  2. Usth. Lian Anggraini (Staff BPS Putri)

Sekretaris :

  1. Ust. Akhmad Rafsanjani (Sekretaris Pesantren)
  2. Usth. Malatika  (Staff BPS Putri)

Bendahara :

1.Ust. Ahmad Yunus                                          (Staff TU Pesantren)

2.Usth. Lulu Musyriqoh                                     (Staff BPS Putri)

Sie. Kegiatan dan Pembekalan : 

  1. Ust. Abdul Rohman (Staff BPS Putra)
  2. Ust. Irfan Marzuki (Staff BPS Putra)
  3. Ust. M. Zidni Ilman (Staff BPS Putra)
  4. Usth. Sesriati                                 (Staff BPS Putri)

Transportasi dan Penempatan :

  1. Ust. Abdurrahman M Shaleh, S.Pd.I. (Staff BPS Putra)
  2. Ust. Muhammad Zaki (Staff BPS Putra)
  3. Ust. Nizar Hamdani (Staff BPS Putra)
  4. Ust. M. Alaul Abror (Staff BPS Putra)
  5. Usth. Suhenri (Staff Dapur Pesantren)
  6. Usth. Yani Maryani (Staff BPS Putri)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Hidden Curriculum Sistem Muallimin (TMI) Darunnajah

Sebagai lembaga pendidikan pesantren berbasis sistem Muallimin, pemahaman sepenuhnya akan kelebihan kurikulum TMI (Tarbiyatul Muallimin/Muallimat Al Islamiyah) yang menjadi core curriculum dari pendidikan pondok harus