5 Tips untuk Hidup Sehat Secara Islami

TIPs Hidup Sehat Islami

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Bagi seorang muslim kita pasti mengetahui ajaran-ajaran yang telah di sampaikan oleh suri tauladan kita, yakni Rasul kita Nabi Muhammad SAW. Beliau telah mencontohkan cara dan pola hidup sehat. Bahkan tertulis dalam ayat di Alquran, ada anjuran muslim dan mukmin untuk menjalankannya.

Loading...

Kita akan berbagi beberapa tips untuk mejalankan pola hidup sehat secara islami yang mengikuti sunah-sunah Rasulullah SAW. Berikut tipsnya:

1. Puasa

Kita sudah tahu puasa ada yang sunnah dan wajib. Banyak puasa yang dapat kita jalankan. Contohnya puasa Ramadhan, puasa senin kamis, puasa Ayamulbidh (setiap tanggal 13,14,15 dalam bulan Islam), puasa arafah, dan lain-lain. Di anjurkannya puasa sunah bukan hanya untuk menyehatkan jasmani tetapi juga menyehatkan rohani.

Oleh karena itu, secara sains puasa itu luar biasa efeknya. Manfaat puasa untuk kesehatan diantaranya menyehatkan jantung, menurunkan resiko kanker, mengurangi resiko terinfeksi penyakit, dan mendapatkan berat badan ideal.

2. Makan yang halal dan baik

Tidak hanya pola makan untuk bisa hidup sehat, pola makan itu hanya sebagian kecil. Dalam Alquran diajarkan kalau makan harus halal dan baik, sesuatu yang tidak membuat keburukan bagi tubuh kita.

Misalnya makan mi instan itu halal tapi kurang baik jika di makan terlalu banyak. Maka kita harus menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang halal dan baik, serta meminimalisir makan makanan yang kurang sehat.

Loading...

3. Berhenti makan sebelum kenyang

Berhenti makan sebelum kenyang, menggunakan konsep nabi yang simpel karena ‘Tidak ada bencana yang lebih buruk dari perut manusia. Ukuran yang benar ketika kta makan adalah jadikan sepertiga untuk makan sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara.

Jadi, makan itu bagi orang muslim bukan untuk kenyang, makan itu termasuk amal kita untuk menjadi sebuah ibadah.

tips untuk mejalankan pola hidup sehat secara islami
Tips untuk mejalankan pola hidup sehat secara islami

4. Berhenti untuk melakukan hal yang membuat kita sakit

Untuk menjadi sehat hindari hal yang membuat kita sakit, jangan lakukan hal itu, misalnya kurangi makan makanan berminyak. Pelajarilah mana makanan yang bikin sehat, dan ditambah dengan belajar puasa.

Tidak ada manfaatnya kita konsumsi makanan yang menyehatkan tetapi kita masih makan makanan yang membuat kita sakit. Biasakan diri untuk makan sehat, kalau tidak di biasakan maka tidak akan terbiasa, karena yang sehari-hari dimakan itu akan mendatangkan penyakit.

5. Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur dan terjadwal dapat menguatkan kesahtan kita. Rasulullah SAW menganjurkan kita berolahraga, di antaranya berkuda, memanah, berlari, jalan cepat, berenang, dan gulat.

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah

Info Lainnya