5 ETIKA TERHADAP GURU
Oleh: Baraatul Husna dn9

ilmu menjadi sarana penting manusia untuk memperoleh kesejahteraan dunia maupun akhirat. Maka mencari ilmu hukumnya wajib. Banyak orang yang keluar dari rumahnya hanya untuk mencari ilmu, sehingga tidaklah heran jika semua yang ada di bumi dan langit mendoakannya.

Sebagaimana sabda nabi “bahwa orang yang keluar untuk mencari ilmu akan mendapatkan pertolongan dari Allah karena Allah suka menolong orang yang mau bersusah payah dalam mencari ilmu.

Syekh Ibrahim bin ismail menyarahkan metode menuntut ilmu ala syekh Azzarnuzi, diantaranya :

1. Niat lurus
syekh Azzarnuji menganjurkan bahwa seorang pelajar harus mendasari pencarian ilmu nya dengan niat yang lurus, sebagai rasa syukur kita terhadap niat akal dan kesehatan.

2. Memilih guru, mengagungkan ilmu dan ahlinya.
doktrin terkuat dalam dunia pendidikan pesantren adalah ta’zim dan hormat terhadap guru. penghormatan itu sangatlah penting, karena menghormati guru sebagai salah satu wujud ta’zim kita kepada ilmu.

Syekh Azzarnuji mengatakan “siapa yang menyakiti gurunya maka pasti ia terhalang keberkahan ilmunya dan hanya sedikit saja ilmu nya yang bermanfaat.

3. Belajar tekun dan musyawarah.
segala hal yang paling utama adalah proses walaupun bagaimana hasilnya. Dunia pesantren memiliki faktor X yang disebut dengan berkah. Keberkahan akan di dapat karna faktor ketulusan dan keikhlasan seorang guru.

4. Belajar diperantauan dan menanggung kesusahan yang dialaminya.

Imam syafi’i berkata : “barang siapa yang tidak mencicipi pahitnya belajar ia akan menelan hinanya kebodohan selama hidupnya dan barang siapa yg di waktu muda nya tidak mau belajar maka bacakan takbit 4 kali untuk kematinnya (ia laksana mayit yang tiada guna)

5. bekerja dan berdoa.

Semoga kelima etika ini bisakita amalkan dalam proses belajar kita di pondok tercinta Darunnajah 9 Pamulang.

alhasanah.darunnajah.com
Fb: @darunnajah9pamulang
Tw: @darunnajah9