Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 11 Februari 2019 . Seperti halnya yang kita tahu, Al Quran adalah kitab suci yang telah diwahyukan oleh Allah kepada Baginda kita Rasulullah SAW.

Al Qur’an sendiri di Wahyukan kepada Rasulullah SAW bukan dengan bentuk kitab, Namun diberikan secara bertahap dan Wahyu disampaikan oleh Jibril kepada Rasulullah secara lisan.

Wahyu yang pertama kali disampaikan oleh Jibril kepada Rasulullah SAW adalah surat Al alaq dari ayat pertama sampai ayat ke 5, disampaikan kepada Rasulullah SAW ketika beliau sedang berdiam diri di gua Hira.

Sejak pertama kali diturunkan kepada Rasulullah SAW ayat Al Quran tidak pernah di tulis ataupun di catat, Namun ayat ayat tersebut dihafalkan oleh para sahabat Rasul.

Menghafal Al Quran tentu menjadi idaman para setiap muslim maupun muslimah, Namun bukan hal yang tak mungkin bagi kita semua untuk dapat mengahafalkannya.
Dari yang balita hingga yang tua, Tidak akan mau kalah dalam menghafalkannya Al Quran. Mari kita simak gimana sih caranya.

Berikut adalah cara-cara untuk dapat menghafal Al-Qur’an :

1. Meluruskan niat
Hal yang paling utama kita lakukan adalah meluruskan niat menghafal semata-mata karena Allah ta’ala.bukan untuk dipuji

2. Mempunyai target
Ketika kita mulai hafalan alangkah baiknya apabila kita mempunyai target hafalan, Sehingga kita tidak kewalahan dalam melakukannya.

3. Mengulangi hafalan
Setelah kita selesai menghafal, sebaiknya kita juga mengulangi hafalan yang telah kita hafal. Untuk mengikat hafalan. Sehingga ayat ayat yang telah kita hafal tidak mudah hilang dalam ingatan kita.

4. Mengetahui arti ayat yang kita hafal

Cara yang ke 4 ini dapat memudahkan kita dalam menghafal Al Qur’an, sehingga kita tidak terbalik dalam menghafal ayat Al-Qur’an. Karena kita mengetahui dan juga memahami alur cerita dalam Al Qur’an.

5. Mempraktikkan dalam sehidupan sehari hari.

Setelah kita mengetahui serta memahami apa yang ada dalam Al Qur’an, alangkah baiknya jika kita mempraktikkannya dalam keseharian kita.

خيركم من تعلم القرآن وعلمه.

Karena sebaik baik kita adalah mereka yang mempelajari ayat Qur’an serta mengamalkannya.

Semoga bermanfaat

Sahabat Pena : Muhammad Hafiz