Menu

47 Guru Darunnajah 2 Cipining Membuat Soal Ujian di Vila Cipanas

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kamis 21 Februari 2019,sebanyak 47 Guru Darunnajah 2 Cipining mengikuti kegiatan pembuatan soal Mid dan Semester  Genap di Vila Cipanas,agenda ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 21-22 Februari 2019.Hadir dalam agenda ini Pimpinan Pesantren KH.Jamhari Abd Jalal,Lc yang memeberikan arahan kepada 47 guru yang akan membuat soal ujian Mid dan Semester,dalam sambutannya beliau menyampaikan “Perlunya membuat soal yang standar dan berkualitas agar menghasilkan siswa yang mampu memahami pelajaran karena ini menjadi indikator keberhasilan dalam kegiatan Belajar Mengajar. dengan soal yang baik maka akan mengasilkan siswa yang cerdas. kemudian dalam pelaksanaan tes lisan maupun tes tertulis, soal atau pertanyaan hendaknya dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mengukur dengan baik kemampuan peserta. Dalam tes lisan, soal atau pertanyaan yang diajukan oleh pengajar hendaknya mencakup materi yang telah dibahas sebelumnya dan pertanyaan yang diajukan bersifat penguatan sehingga tidak terlalu mendalam.”

Penilaian hasil belajar merupakan bagian dari evaluasi belajar yang digunakan sebagai sarana mengukur kemampuan atau perilaku yang dapat dicapai oleh peserta pembelajar selama dan setelah proses belajar. Kawasan memampuan kompetensi yang diukur mencakup pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude). Penilaian terutama dilakukan terhadap apa yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Capaian hasil yang diinginkan dalam proses pembelajaran  dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.

Untuk mengukur kemampuan yang ingin dicapai, diperlukan alat ukur (soal) yang valid, realiabel, daya diskriminasi tinggi, tingkat kesukaran tepat, komprehensip, dan efisien. Salah satu metode yang umum dipakai dalam penilaian hasil belajar, terutama untuk mengukur kemampuan pengetahuan (cognitive) peserta adalah berupa tes tertulis, selain tes lisan. Tes tertulis dapat berbentuk tes objektif atau berbentuk tes uraian. Dan sarana dalam melakukan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis adalah berbetuk soal.(maghfur.Wardan)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Perbanyaklah Baca Al-Qur’an di Bulan Sya’ban

Abu Bakr Al Balkhi berkata, “Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya’ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil.” Abu Bakr AI Balkhi juga