4 Manfaat Haji dan Umrah Bagi Umat Islam

4 Manfaat Haji dan Umrah Bagi Umat Islam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...

Umrah merupakan kegiatan ibadah haji namun haji kecil yang bisa dilakukan bersamaan dengan hari raya haji atau di waktu lainnya.

Umrah juga memiliki beberapa manfaat bagi umat muslim, Yuk kita simak 4 manfaat haji dan umrah bagi umat islam berikut ini:

Pengertian Umrah

 

Umrah dilakukan secara fleksibel karena waktunya bisa kapan saja dan biasanya harga dari umrah ini juga lebih murah dibandingkan haji besar. Ibadah haji umrah ini meskipun tidak seutama seperti haji besar namun dianjurkan untuk dilaksanakan.

Pelaksanakan Ibadan haji umrah sama halnya dengan haji besar yaitu dengan melakukan ihram, tawaf, sai dan diakhiri dengan tahalul. Perbedaannya hanya di dalam haji umrah tidak ada menginap di mina. Manfaat dan keutamaan orang yang melaksanakan haji umrah ini.

Perintah melakukan kegiatan haji umrah tertera pada al-quran di surah al baqarah ayat 196 “dan sempurnakanlah Ibadan haji dan umrah karena Allah.” Bukan hanya itu saja nabi Muhammad Saw juga pernah memberikan perintah sahabatnya untuk melakukan Ibadan umrah.

Berikut ini adalah manfaat dan keutamaan bagi orang yang melaksanakan haji umrah :

  1. Diberkahi oleh Allah
  2. Penebus Dosa
  3. Dijanjikan Mati Syahid
  4. Umrah Saat Puasa

Diberkahi Oleh Allah

Orang-orang yang melakukan Ibadan haji umrah akan senantiasa diberikahi oleh Allah swt sesuai dengan ucapan Rasulullah yang berbunyi “mereka yang datang dan melaksakan Ibadan haji umrah di makkah maka mereka itu adalah para tamu Allah, karena mereka mendatangi rumah-Nya dan memenuhi panggilan-Nya.

Oleh karena itu, Allah Ta’ala akan mengabulkan doa mereka”. Allah sangat menyenangi orang yang bertamu ke rumah Allah atau baitullah mekkah.

Loading...

Jadi bagi orang yang melaksanakan ibadah haji umrah akan mendapatkan balasan dikabulkan doanya.

Penebus Dosa

Ibadah haji umrah juga bisa menjadi salah satu media penebus dosa, hal ini seperti sabda rasulullah “sekali umrah merupakan penebus dosa yang telah dilakukan hingga umrah berikutnya”, jadi bagi anda yang ingin menebus dosa atau bertaubat bisa dengan cara melakukan ibadah haji umrah.

Dijanjikan Mati Syahid

Nabi Muhammad juga pernah berkata demikian “bagi siapapun yang bermaksud melakasanakan haji atau umrah namun wafat dalam perjalanannya maka Allah akan memberikannya surga tanpa pengadilan. Allah berbangga pada mereka yang melaksanakan tawaf di baitullah.”

Jadi bagi yang melaksankan ibadah haji atau umrah harus senantiasa memiliki hati yang ikhlas terutama saat terjadi musibah meninggal dunia karena sejatinya Allah swt sedang menghadiahkan surga pada orang tersebut.

Umrah Saat Puasa

Ibadah haji umrah sangat dianjurkan dan lebih baik dilakukan pada saat bulan puasa. Bulan puasa merupakan bulan penuh rahmat dan pahala sehingga melaksanakan umrah di bulan ramadhan akan melipatgandakan pahala bagi yang melaksanakannya. Umrah saat bulan ramadhan akan lebih meningkatkan keimanan karena lebih khusuk dalam menjalankan. Tentu saja mulai dari diri anda juga harus dipenuhi dengan keikhlasan dan rasa bersyukur tinggi pada Allah swt.

Manfaat dari ibadah haji umrah ini sangat baik terutama untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan ini anda akan merasakan apa artinya berjuang dan berkorban dan berusaha menuju jalan yang lebih baik. Semoga bermanfaat

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah