Inilah 4 Amalan Yang Wajib Dilakukan Ketika Terjadi Bencana
Menu

Inilah 4 Amalan Yang Wajib Dilakukan Ketika Terjadi Bencana

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ketika gempa bumi menyapa, bila tsunami menghampiri manusia, ketika para korban berjatuhan meninggal dunia, ketika bangunan hancur berkeping-keping menjadi tanah, ketika para wanita menjadi janda dan anak-anak menjadi yatim tanpa orang tua pada saat itu semua, hendaknya kita semua lebih mendekatkan diri kepada Allah, mengingat akhirat, segera bertaubat, bersemangat ibadah, dan tidak tertipu dengan dunia yang fana.

Berikut ini beberapa amalan yang hendaknya dilakukan ketika gempa dan tsunami terjadi:

1. Taubat kepada Allah

Sesungguhnya peristiwa ini akan menumbuhkan bertambahnya iman seorang mukmin, memperkuat hubungannya dengan Allah. Dia sadar bahwa musibah-musibah ini tidak lain dan tidak bukan adalah akibat dosa-dosa anak manusia berupa kesyirikan, kebid’ahan, dan kemaksiatan.

Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah berkata, “Kadang-kadang Allah mengizinkan bumi bernapas sehingga mengakibatkan gempa dan tsunami yang dahsyat, sehingga hal itu menjadikan ketakutan kepada Allah, kesedihan, taubat dan berserah diri kepada Allah”.

2. Banyak berdzikir, do’a, dan istighfar kepada Allah

Sesungguhnya obat yang paling mujarab untuk mengobati bencana adalah memperbanyak tasbih hal itu karena dzikir dapat mengangkat bencana dan adzab, sebagaimana firman Allah:

Imam Syafi’i mengatakan, “Obat yang paling mujarab untuk mengobati bencana adalah memperbanyak tasbih”. Hal itu karena dzikir dapat mengangkat bencana dan adzab.

blankada dua hal yang dapat melindungi manusia dari adzab

Pertama, adanya Nabi Muhammad di tengah-tengah manusia dan ini bersifat sementara. Kedua, istighfar dan meninggalkan segala dosa dan ini bersifat seterusnya sekalipun Nabi telah meninggal dunia.

3. Membantu para korban bencana

Bila kita sekarang dalam kenikmatan dan kesenangan, kita bisa makan, minum, dan memiliki rumah, maka ingatlah saudara-saudaramu yang terkena bencana. Saat ini mereka sedang kesusahan dan kesulitan. Maka ulurkanlah tanganmu untuk membantu mereka semampu mungkin

“ Barang siapa yang membantu menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan   menghilangkan kesusahan darinya besok di hari kiamat ” (HR. Muslim no. 2699).

4. Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Salah satu amalan ketika terjadigempa adalah dengan menegakkan dakwah, saling menasihati, dan amar ma’ruf nahi munkar sehingga mengecillah kemungkaran. Adapun bila kita acuh tak acuh dan mendiamkan kemungkaran maka tak heran lagi bencana tersebut akan kembali menimpa kita.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait