Pekan Perkenalan Khuthbatul ‘Arsy merupakan salah satu agenda tahunan, yang wajib diikuti oleh seluruh Santri Darunnajah setiap awal tahun ajaran baru. Yang mana agar santri dapat mengerti dan mengenal tentang pesantrennya. Sehingga dapat belajar dengan tekun dan disiplin.

Khuthbatul ‘Arsy disebut juga sebagai khuthbah iftitah, khuthbah perkenalan dan khutbah perpeloncoan. Karena santri baru maupun santri lama diberi nasehat-nasehat kembali setelah libur panjang pada awal tahun pelajaran.

Adapun santri yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 2500 santri, yang terdiri dari Santriwan dan Santriwati. Dan dihadiri juga oleh dewan guru, dengan sekitar 300. Yang terdiri dari Ustad dan Ustadzah Pondok Pesantren Darunnajah.

Dan dengan diadakannya Khuthbatul ‘Arsy ini, santri baru akan mengenal tentang kehidupan di Pondok Pesantren Darunnajah. Demikian juga semangat santri lama untuk mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah tidak akan goyah oleh pengaruh negatif dari luar selama libur panjang.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, terhitung sejak hari Kamis, 11 Juli 2019 sampai dengan hari Jum’at, 12 Juli 2019. Yang bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh santri akan tugas atau kewajibannya sebagai seorang santri. Dengan mengerti dan melakukan apa yang diarahkan Bapak Pimpinan, Biro Pengasuhan Santri dan juga pengurus OSDN (Organisasi Santri Darunnajah).

Insyaallah, para santri akan dapat mencapai apa yang dicita-citakan, sebesar keinsyafan seseorang sebesar itu pula keuntungannya. Santri harus tahu, mengapa ia harus disiplin. Santri harus tahu, mengapa ia harus shalat berjama’ah. Santri harus tahu, mengapa harus mampu berbahasa Arab dan Inggris.

Dan Santri Darunnajah harus tahu, maksud dan tujuan pendidikan di Pesantren Darunnajah.

“KE DARUNNAJAH APA YANG KAU CARI”

2500 Santri Darunnajah Antusias Ikuti Pekan Perkenalan Khuthbatul'Arsy Tahun 2019

2500 Santri Darunnajah Antusias Ikuti Pekan Perkenalan Khuthbatul ‘Arsy Tahun 2019

(DN.COM/almas_khalishah)