Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu
Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu
Artinya:

Dari Abi Darda r.a. berkata, saya mendengar Rasuluullah Saw. Bersabda: “ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

Penjelasan:

hadits – llmu pengetahuan merupakan faktor yang paling dominan dalam menunjang kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Hadits Rasulullah Saw. mewajibkan kita untukselalu mencari dan menggali ilmu pengetahuan kapan dan dimana saja. Belajar, dalam ajaran Islam tidak mengenal batas ruang dan waktu.Keutamaan menuntut ilmu adalah bahwa ia adalah jalan menuju surga. llmu adalah petunjuk bagi seorang muslim 4 terhadap perbuatan-perbuatan baik dan akan menumbuhkan cahaya dalam hati yang akan membantu untuk membedakan antara yang haq dan batil atau perbuatan yang baik dan buruk.

Kesimpulan:

  1. Seorang muslim seyogyanya membenarkan niat dalam rangka mencari ilmu dan ikhlas di dalamnya agar tidak menggugurkan pahala sehingga amalnya dan kesungguhannya sia-sia.
  2. ilmu adalah petunjuk bagi seorang muslim menuju surga.

jangan lupa untuk mengunjungi STAIDA

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Penutupan Ujian Semester 1 Al-Hasanah

Berjalannya waktu telah sampai pada waktunya, yaitu penutupan ujian semester 1. tak terasa kita sudah berjalan dalam 1 semester ini dengan suka maupun duka. berbagai