Wardan [24/08/13]. Pesantren Darunnajah sudah berkiprah di belantika pendidikan Islam Indonesia hampir genap empat puluh tahun.
Sedikit banyak telah mewarnai pendidikan Indonesia pada umumnya, dan telah menjalin hubungan dengan dunia Internasional.
Di awal perintisannya, hanya dibekali tanah wakaf seluas lima hektare oleh Sang Pendiri sekaligus penggagas, KH. Abdul Manaf Mukhayyar. Namun kini telah menjelma menjadi enam ratus dua puluh hektare, tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.
dalam kesempatan kegiatan halal bi halal Darunnajah Group, yang bertempat di Darunnajah 8 An Nur Cidokom, Bogor, Sabtu, 24 Agustus 2013, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc selaku Ketua Dewan Nadzir mengingatkan kepada stock holder dan seluruh pengelola dan pelaksana program Pesantren Darunnajah yang berjumlah kurang lebih delapan ratus dua puluh orang.
Beliau mengajak kepada hadirin mendoakan Bapak KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA (salah satu anggota dewan nadzir) semoga lekas disembuhkan. Kemudian mendoaakan para pendiri dan simpatisan Pesantren Darunnajah yang telah tiada, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT.
Kemudian dengan tegas beliau katakan, tanah wakaf enam ratus dua puluh hektare ini, bukan semata kebanggaan atau prestasi, melainkan amanat berat yang harus diurus dan dikelola, tidak menjadi lahan nganggur, melainkan menjadi lahan produktif, sebagaimana amanat wakifnya.
Wakaf merupakan beban tugas, harus dipikul bersama. Masih ada empat lokasi Darunnajah dari enam belas belum terkelola. Masih ada cabang-cabang sedang bertumbuhkembang, harus ditingkatkan. Kalau tidak sama atau lebih dari Darunnajah 1 Jakarta, sekurang-kurangnya sama atau lebih dari Darunnajah 2 Cipining Bogor.
Kelak para nadzir akan ditanya dihadapan Tuhannya, “sudah diapakan amanah-amanah itu?.”
Dalam menjalankan amanat dimaksud, hendaknya dijalankan penuh keikhlasan dan kesabaran. Butuh harta, energi, pikir dan jiwa. “Bondo bahu pikir, lek perlu sak nyawane.”
Dalam perjuangan, kunci keberhasilannya adalah keikhlasan dan kesabaran : “Hai Nabi, Kobarkanlah semangat Para mukmin untuk berperang. jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.”
“Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Amanah besar, hendaknya dijadikan ladang amal untuk bekal akhirat. Harus mempercepat mencetak kader-kader melalui pelatihan-pelatihan guru, kader, sehingga menghasilkan orang-orang berkualitas.
Seorang yang menyatakan dirinya siap untuk mengelola wakif harus gigih dalam menjalankannya serta meningkatkan ketaqwaannya. Dengan begitu, seluruh kesulitan akan terasa mudah, berat menjadi ringan, tidak ada menjadi berada dan akan diberikan kecukupan dari berbagai aspeknya.
Bila tidak mempunyai harta, modal, maka yakinlah nekatlah “bondo nekat”, atas pertolongan Allah, dengan syarat jangan ragu, jangan mundur, ikhlas, sabar dalam menetapi suatu kebenaran dan kebaikan.
Sekali Ketua Dewan Nadzir tegaskan, bahwa keberhasilan mendapatkan amanah enam ratus dua puluh hektare jangan dianggap sebagai kebanggaan dan prestasi semata, tetapi bagaimana upaya menjadikan wakaf terebut berproduktif lagi bermanfaat.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.