Underpas Penyebrangan Santri Pesantren Annur Darunnajah 8
Menu

Underpas Penyebrangan Santri Pesantren Annur Darunnajah 8

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cidokom Pos – Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pondok pesanten Annur Darunnajah 8 yang terletak di Desa Cidokom, Gunung Sindur Bogor adalah terbelahnya lahan wakaf oleh jalan umum. Beberapa jalan bahkan merupakan jalan yang ramai dilalui oleh kendaraan bermotor. Hal ini menyumbang permasalahan yang lumayan pelik karena utamanya resiko yang mengintai santri yang harus berulang kali menyebrang jalan raya untuk beraktifitas.

Lahan blok Tunis yang saat ini menjadi asrama putra adalah salah satu yang paling terkena dampaknya selama ini, karena santri harus menyebrang jalan saat harus menuju tempat aktifitas mereka di masjid, lapangan dan kelas. Berbagai permasalahan seperti keamanan lingkungan, keselamatan dalam proses menyebrang, ramainya pedagang liar, dan tingginya mobilitas masyarakat keluar masuk pondok menjadi masalah yang terus difikirkan solusinya oleh pengurus. Terlebih didalam situasi pandemi Covid-19 yang menjadikan pondok dan santri rawan terpapar virus dari luar pondok.

Atas dasar permasalahan tersebutlah akhirnya terfikirkan solusi mewujudkan terowongan bawah tanah, atau biasa disebut underpass, untuk memfasilitasi akses penyebrangan yang aman dan nyaman bagi seluruh santri dan guru.

Underpass berukuran 2,2 m x 2,2 m dan memiliki panjang 10 meter terbentang menyambung dua lahan di gerbang Al Azhar. Dipesan khusus dari PT Duracon sebagai penyedia infrastruktur jalan yang biasa melayani jalan-jalan nasional, struktur underpass berbentuk Box Culvert ini mampu menahan beban gandar sampai 21 Ton. Sebagai gambaran, truk besar beroda 8-10 memiliki beban gandar maksimal 20 Ton.

Pengerjaan jalan selama awal bulan juli dikebut dengan pengawalan khusus dari pihak desa yang menyambut baik solusi yang ditawarkan pondok ini karena mengurangi dampak kerawanan sosial dari masalah keamanan lingkungan yang muncul karena ramainya mobilitas kendaraan bermotor di titik tersebut. Alhamdulillah, proyek underpass perdana yang ada di lingkungan lembaga pendidikan di bawah Yayasan Darunnajah ini bisa terselesaikan tepat pada waktunya dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh santri dan guru sesaat sebelum kedatangan mereka pasca liburan panjang di era pandemi.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.