Ujian adalah sunnatullah yang pasti dihadapi setiap diri manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini. Ujian juga menjadi salah satu ciri kemodernan, yang dianut pondok pesantren Darunnajah beserta cabangnya, yang telah berdiri sejak tahun 1961.

Santri sedang fokus dalam mengisi lembar jawaban

Tangis, tawa, senang bahkan sedih menjadikan ujian ini menjadi hal yang menarik bagi setiap santri dipondok pesantren, terlebih lagi ujian kali ini merupakan salah satu penentu dalam mencapai jenjang pendidikan ditingkat yang lebih tinggi yaitu kenaikan kelas, oleh karena itu sudah berapa rakaat tahajjud, mereka lakukan begitupun berapa banyak do’a yang mereka panjatkan demi kelancaran jalannya ujian.

Suasana Ujian Tulis didalam ruang ujian Santriwati, tenang

Ada yang menarik dalam ujian kali ini, karena mereka harus melaksakan ujian di bulan suci ramadhan, jadi tidak sekedar ingatan pelajaran yang diujikan, melainkan berupa kesabaran dan ketakwaan kepada Allah Swt, demi mendapatkan keberkahan dibulan ini.

Dan yang penting juga bahwa ujian juga menjadi wasilah mengevaluasi seluruh proses belajar diri santri dan juga pondok pesantren, dalam masa pendidikan dan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua semester tahun ini.

Suasana Ujian Tulis didalam ruang ujian Santriwan, tenang

Semoga seluruh santri dimudahkan di dalam belajar mereka, serta diberi kesuksesan, kesabaran didalam menjalani ujian tulis yang menjadi salah satu penentu naik tidaknya santri.