Search
Close this search box.
blank

Santri Tahfidzul Qur’an Mengulang Hafalan Bersama

Santri Tahfidzul Qur’an Mengulang Hafalan Bersama

blank
Suasana Simaan Santri Tahfidzul Qur'an
Suasana Simaan Santri Tahfidzul Qur'an
Suasana Simaan Santri Tahfidzul Qur’an

Alhamdulillah dari berbagai metode yang diterapkan dalam program menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining salah satunya adalah “Simaan” atau yang akrab disebut mengulang hafalan bersama dengan cara menyimak dan mendengarkan. Dalam hal ini kegiatan Simaan akbar khususnya di kalangan santriwati diadakan 1 minggu sekali tepatnya setiap hari jum’at pukul 08.00 WIB di Masjid Pi.

Kegiatan Simaan didampingi langsung oleh Pembimbing Ustadzah Putri yakni Usth. Nur Halimah, teknisinya para santri akan dikumpulkan di masjid untuk mendengarkan 1 juz/surat yang akan dibacakan satu persatu oleh santri tahfidz yang lainnya. Sedangkan sambil mendengarkan salah seorang membaca Al-Qur’an yang lain melihat Al-Qur’an untuk melihat kesalahan yang ada.

Yang lebih menarik disetiap bulannya diadakan santri terbaik Simaan yang hanya akan didapatkan oleh 1 santriwati yang aktif dan baik dalam mengikuti kegiatan sima’an tersebut. Kegiatan sima’an ini diikuti oleh seluruh santri kelas VIII MTs, IX MTs, Intensif, X MA dan XI MA. Setiap minggunya Juz atau surat yang ditentukan berbeda-beda agar para santri tahfidzul Qur’an mempersiapkan berbagai hafalan surat yang telah disetorkan agar tidak hilang begitu saja.

(WARDAN/Annisa)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah