Ujian Nasional (UN) pada bulan maret lalu bukan berarti akhir dari seluruh kegiatan santri nihai (kelas VI TMI/XII MA) Darunnajah Cipining Bogor. Selang satu hari berikutnya 71 santri senior tersebut segera melaksanakan Ujian Praktek Olah Raga yang dipandu oleh ust. Muhammad Nurrohman Archamuni. Dan pada tanggal 5-9 april 2010 ini sedang berlangsung Ujian Akhir Madrasah (UAM) yang meliputi bidang study: Al Qur’an Hadits, SKI, PKn, Sejarah, Bahasa Arab, Fiqih, TIK dan Aqidah Ahlaq. Ujian ini berlangsung di gedung Madrasah Aliyah di kampus Dua dan diawasi oleh guru-guru senior.

Berikutnya pada pekan depan mereka akan kembali disibukkan dengan Ujian Nihai tahap kedua. Ujian Nihai tahap pertama sudah dilaksanakan bersamaan dengan ujian Semester Gasal tahun lalu dengan materi seluruh pelajaran lokal/muatan pesantren TMI yang sudah selesai diajarkan dari kelas 1-5 TMI seperti Mahfudzat, Imla, Tajwid, Shorf, Tarikh Islam, Al Adyan, Mawarits/Faraidh, Khat, kepesantrenan dan lain sebagainya. Adapun Ujian Nihai tahap dua ini bermaterikan pelajaran-pelajaran yang masih diajarkan sampai kelas 6 TMI antara lain: Tarbiyyah,Nahwu, Balaghah, Fiqh, Tafsir, Hadits, Muthola’ah, Mustholah Hadits, Psikologi, Ta’bir, Compose, Ushul Fiqh, Mantiq dan TIK Praktek. Ujian Nihai Tahap Dua akan dijadwalkan pada 10-18 April 2010.  Pada tahun pelajaran ini, Ujian Nihai terasa lebih manatp dengan diawali  Ujian Lisan Bahasa Arab dan Inggris pada 30 Maret – 2 april 2010.

Disela-sela padatnya calon alumni tersebut menghadapi ujian, mereka juga sedang tekun mengikuti bimbingan dan persiapan Praktik Da’wah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) yang akan dilaksanakan di Bantar Gebang Bekasi (santri asrama) dan Setu Jasinga (santri non asrama) pada tanggal 24 April – 03 Mei 2010. Bimbingan untuk 7 kelompok ini dipandu dan dinilai  oleh para pembimbing kelompok masing-masing yang terdiri dari panitia. Kegiatan ini  meliputi: qira’atul qur’an, imamah, khitobah, adzan wa iqamah, mudzakarah adab-adab harian, do’a-do’a dan wirid, dan nisaiyyah / keputrian. sebelum pemberangkatan, para peserta PDPM juga akan mendapatkan pemadatan materi-materi kegiatan PDPM, Simulasi dan Latihan Operasional yang diagendakan pada tanggal 21- 23 April 2010. Diharapkan seluruh santri Nihai dapat melaksanakan setiap kegiatan dengan baik hingga haflah takharruj/wisuda santri pada bulan Mei mendatang, amin!. (WARDAN?Mr. MIM)