Latihan Dasar Kepimimpinan mungkin tidak asing didengar saat di bangku kuliah, namun asing di telinga Siswa SMA. Namun lain halnya dengan Santri Pondok Pesantren Darunnajah 2. Latihan Dasar Kemimpinan adalah hal kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 5 TMI.

Mengapa pesantren harus mengadakan LDK untuk mereka ? karena Pondok Pesantern Darunnajah mengajarkan santri berorganisasi. Di Darunnajah Cipining organisasi tersebut dinamakan OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining). Mereka diberikan amanah dari Pimpinan Pesantren dan Asatidz untuk mengatur dan men design kegiatan santri atau adik-adik kelas mereka selama di Asrama.

untuk membekali santri kelas 5 TMI berorganisasi maka diagendakanlah Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), dalam rangkaian kegiatan tersebut santri dibekali pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai keorganisasian. Seperti halnya Manajemen keuangan, Problem Solver, dan lain sebagainya.

Apa tidak capek belajar sekaligus berorganisasi di Pesantren ? apalagi kegiatan di Pesantren padat merayap, jawabannya pasti capek. Tapi justru santri di bekali dan dilatih agar bisa menjadi manusia yang multitasking. Bisa mengerjakan banyak hal, bisa mengatur banyak hal, dan bisa berkontribusi di berbagai aspek.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang berlangsung selama 4 hari ini, semoga bisa menjadi pijakan santriwan dan santriwati dalam menjalankan Organisasi baik di lingkungan Pesantren, maupun nanti saat terjun ke Masyarakat.

 

(iffa)