Menu

Safari Ramadhan Perkuat Ikatan Kemasyarakatan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dalam bulan suci Ramadhan ini,  Biro Da’wah dan Hubungan Kemasyarakatan memiliki beberapa progam yang langsung bersentuhan dengan masyarkat sekitar pesantren. Biro ini diketuai oleh ustadz Katena Putu Gandhi, S.Pd.I (alumni TMI tahun 1995). Di samping ada ifthor shoimin (buka puasa bersama) dan santunan sosial untuk anak yatim dan dhuafa, ada juga kegiatan tahunan yang sudah sejak lama berjalan yaitu Safari Ramadhan atau yang juga dikenal dengan istilah Tarawih Keliling (Tarling). Pada Ramadhan 1431 H ini, kegiatan Safari Ramadhan dilaksanakan dari tanggal 3-17 Ramadhan, dengan lokasi kegiatan 17 masjid yang berada di desa-desa sekitar pesantren.

Dalam prakteknya, setiap malam kunjungan ke masjid yang sebelumnya sudah dihubungi via surat, rombongan terdiri dari satu atau dua muballigh dan beberapa asatidz pendamping.Ikut serta juga dalam kafilah da’wah ini para santri yang memiliki hobi dan bakat dalam seni khithobah dan seni retorika yang tergabung dalam organisasi Ikatan Muballigh Darunnajah (IMDA). Agenda acara yang dilakukan adalah mengikuti Sholat Isya, Tarawih dan Witir bersama jama’ah masjid tersebut dan dilanjutkan dengan ceramah Ramadhan oleh muballigh Darunnajah Cipining.

Rangkaian acara dalam setiap pertemuan meliputi pembukaan, pembacaan kalam Ilahi, sambutan oleh ketua DKM/ tokoh agama setempat, ta’arruf dan ceramah Ramadhan oleh muballigh Darunnajah, Do’a, penutupan dan mushafahah / berjabat-tangan. Para muballigh Darunnajah terdiri dari para asatidz senior yang juga sudah terbiasa menyampaikan ta’lim di pesantren (ta’lim shubuh, majlis ilmi, ta’lim dengan ibu-ibu dari masyarakat yang dipandu pimpinan pesantren, ta’lim menjelang tarawih dan lain-lain). Beberapa petugas seperti MC (Master of Ceremony)/ pembawa acara dan pembaca Kalam Ilahi merupakan santri Darunnajah Cipining non asrama yang memang bertempat tinggal di desa tersebut. Para wali santri juga ikut menghadiri dan mendukung kegiatan ini.

Sampai berita ini ditulis, Safari Ramadhan yang dikoordinatori oleh Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom (alumni TMI tahun 2000) telah berjalan sebanyak 4 kali; pertama, di masjid Nurul Hidayah Peuteui Jasinga,kedua, di Masjid Al Ading Kadaka dan Masjid  Al Ikhlas Toge, ketiga, di Masjid  Raudlatul Jannah Tari Kolot dan Masjid Al Mubarok Kalong Dagul, keempat, di Masjid Al Muhajirin Rengganis dan Masjid Jami’ Al Ihsan Bolang.

Dalam pantauan WARDAN, kegiatan ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat sekitar pesantren. Hal ini anatara lain terindikasi dari antusiasisme mereka dalam menyimak ceramah Ramadhan yang disampaiakn oleh para da’i Darunnajah. Juga, sambutan yang menyenangkan hati dari para tokoh masyarakat, seperti yang terjdi pada kesempatan Tarling di Masjid Raudhatul Jannah di Tari Kolot. Sembari menunggu selesainya sholat Tarawih para kaum Hawa, Ust. Ahmad Abdullah Huseani, S.Pd.I (alumni Pendidikan Kader Ulama di ISID Gontor 2010) bersama beberapa asatidz tampak berbincang santai nan akrab dengan KH. Nur Jaman yang notabene ketua DKM dan imam masjid tersebut. (WARDAN/Mr.MIM)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait