Reporter Cilik TK Islam Darunnajah

Reporter Cilik TK Islam Darunnajah

Reporter cilik TK Islam Darunnajah

Bagikan

Pekerjaan merupakan salah satu dari beberapa tema yang ada dalam pembelajaran anak usia dini. Di tema pekerjaan anak-anak dikenalkan tentang macam-macam pekerjaan, tugas dan alat-alat yang digunakan saat melakukan pekerjaan. Disemester 2, TK Islam Darunnajah memasuki tema pekerjaan tersebut. Ada 6 macam pekerjaan yang dikenalkan oleh guru TK Islam Darunnajah kelompok B, yang dibagi dalam sub-sub tema dengan alokasi waktu 3 Minggu.

Salah satu pekerjaan yang dikenalkan pada anak-anak TK Islam Darunnajah kelompok B yaitu pekerjaan menjadi seorang Reporter atau wartawan. Reporter atau wartawan adalah seorang yang pekerjaannya meliput berita dan melaporkannya kepada publik baik berupa tulisan maupun secara lisan.

Saat pertama kali guru menanyakan tentang pekerjaan tersebut, banyak dari anak-anak yang tidak tahu apa itu reporter atau wartawan. Namun saat guru menjelaskan dan dan memberikan gambaran tentang seorang wartawan anak-anak langsung memahami dan banyak dari mereka yang antusias memberikan contoh-contoh berita yang dilaporkan oleh seorang reporter.

Antusias anak-anak semakin bertambah saat guru memperlihatkan alat-alat yang digunakan seorang reporter saat bekerja seperti kamera, mix dan ID card yang sebelumnya telah dibuat secara sederhana oleh guru-guru TK Islam Darunnajah dengan menggunakan kardus bekas.

Reporter Cilik TK Islam Darunnajah
Kamera Reporter Cilik TK Islam Darunnajah

Dengan alat-alat yang telah disiapkan oleh guru ini, anak-anak akan mempraktekan bagaimana menjadi seorang wartawan saat meliput berita. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bisa mempraktekan kegiatan meliput berita tersebut. Adapun langkah-langkah yang dilakukan guru dalam kegiatan ini meliputi :

Reporter Cilik TK Islam Darunnajah
  1. Guru memberi contoh pada anak-anak bagaimana seorang reporter saat meliput berita
  2. Guru membagi peran masing-masing anak dalam kelompok, ada yang bertugas menjadi kameramen, menjadi narasumber dan menjadi reporter.
  3. Guru memberi arahan kepada anak-anak untuk melakukan tugasnya masing-masing
  4. Guru memberi arahan kepada reporter untuk menggali informasi sebanyak mungkin dari narasumber dan narasumber menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh reporter
Praktek Reporter Cilik TK Islam Darunnajah

Adapun manfaat dari kegiatan menjadi Reporter ini bagi anak-anak adalah :

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri anak
  2. Melatih kemampuan komunikasi verbal anak
  3. Meningkatkan wawasan anak, anak akan terlatih dalam menggali sebuah wacana atau permasalahan
  4. Menjadi sumber motivasi bagi anak-anak lain untuk lebih bersungguh-sungguh berkarya dan mengupayakan prestasi
Reporter Cilik TK Islam Darunnajah

alhamdulillah kegiatan praktek menjadi Reporter cilik TK Islam Darunnajah berjalan baik dan anak-anak sangat senang dalam kegiatan tersebut.

_Kusyanti Febriana Sati_

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah

Info Lainnya