Rangkaian ujian berlangsung sejak tanggal 16-28 Maret 2019.

Upacara Pembukaan Ujian MID Semester
Upacara Pembukaan Ujian MID Semester

Sudah menjadi sunnah (kebiasaan) pesantren, ketika akan diadakan ujian, maka sebagai simbol pembuka adalah dengan mengadakan upacara pembukaan MID Semester.

- Advertisement-

Yang didalamnya berisikan dengan berbagai macam nasehat serta arahan dari sang pembina upacara.

Penjamin Mutu Pendidikan
Penjamin Mutu Pendidikan

Ustadz Mustofa Kamal, selaku TIM Penjamin Mutu Pendidikan tampil sebagai pembina upacara pembukaan.

Beberapa hal yang beliau sampaikan juga mengenai tips-tips mudah menghadapi ujian dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan ibadah dan belajar secara terus menerus.

Pengawas Pesantren
Pengawas Pesantren

Di dalam rangakian upacara juga ditekankan rasa tanggungjawab dan disiplin. Bahkan Ustadz Jeje Juraemi juga selalu standby mengawasi para santri yang datang terlambat dibantu oleh TIM Komdis (Komisi Disiplin).

Ternyata ada saja santri yang terlambat datang untuk mengikuti upacara. Hal tersebut segera ditindak lanjut, agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang akan terus menerus dilakukan.

Membentuk mental para santri untuk disiplin waktu telah ditanamkan sejak pertama kali pesantren didirikan.

Maka Komdis (Komisi Disiplin) juga terus menerus mengingatkan, bahkan membuat peraturan disiplin selama ujian berlangsung.

Seusai upacara, para santri segera diarahkan menuju kelas masing-masing untuk mulai ujian.

Ujian di Ruang Kelas
Ujian di Ruang Kelas

Disetiap kelas, telah disiapkan dua orang guru pengawas ujian. Yang lebih unik, dalam satu ruang ujian, bukan hanya terdiri dari satu kelas, tetapi dar berbagai kelas.

Tujuannya, agar para santri bisa fokus menjawab soal, serta menghindari hal-hal buruk yang akan terjadi. (WARDAN/Mbafer)

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.