Menu

Puasa 3 Hari Seperti Puasa Sepanjang Masa

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

puasa_purnama_ayyamul_bidh

Dari Abu Hurairah Ra, beliau berkata,”kekasihku(Rasulullah saw) mewasiatkan kepadaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan, mengerjakan shlat dhuha dan mengerjakan shalat witir sebelum tidur”.(HR Bukhari)

Dari hadits diatas dapat diambil kesimpulan bahwa nabi Muhammad saw memberikan wasiat kepada kaumnya untuk menjaga beberapa ibadah diantaranya puasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat dhuha dan mengerjakan shalat witir.

Semua yang diwasiat Rasulullah saw  pastinya menyimpan suatu rahasia yang bermanfaat bagi umatnya, seperti yang kita ketahui shalat dhuha adalah kunci pembuka rizki dan shalat witir merupakan sebagai penyempurna shalat malam, lalu apakah keistimewaan puasa 3 hari disetiap bulannya?

Puasa 3 hari disetiap bulan juga di sebut dengan puasa Ayyamul Bidh puasa ini dikerjakan tepat ketika bulan bersinar terang yakni tanggal 13, 14, 15 disetiap bulan Hijriyah(bulan islam) adapun keistimewaan puasa ini seperti puasa sepanjang masa seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Amr.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah saw bersabda,”puasalah 3 hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebaikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa”(H.R Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan An Nasa’i).

Tentunya tidak hanya sekedar kita menahan makan dan minum segitu saja untuk mendapatkan keutamaan yang luar biasa tersebut akan tetapai kita juga harus mengisi hari tersebut dengan berbagai amal ibadah lainnya dengan hati yang ikhlas karena allah swt. Wallahu ‘alam (Abs)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait