DSC_0922Mengawali Liburan semester Ganjil Tahun pelajaran 2014-2015 ini Ust.Katena,S.Pd.I Selaku Kepala Biro  Humas Dan Kemasyarakatan  mengadakan salah satu program unggulan Pesantren yaitu Safari Dakwah. Senin,22 Desember 2014 upacara pelepasan Kafilah Safari Dakwah berlangsung di lapangan parkir Darunnajah Cipining Menurut Ketua Panitia, Ustadz Yudi Taqiyudi Al Hafidz safari dakwah tahun ini terbagi menjadi 129 kafilah terdiri dari 66 kafilah putra dan 63 kafilah putri adapun pelaksanaanya selama 3 hari mulai dari hari Senin 22 Sampai Rabu 24 Desember 2014 Setiap kafilah safari dakwah terdiri dari 10 santri secara merger dari kelas XI hingga VII yang dipimpin oleh satu orang amir dari kelas XI (sebelas) dan pembimbing dari dewan guru. Kafilah ini Tersebar di seluruh wilayah JABODETABEK,Sukabumi dan Banten. Dalam upacara pelepasan kafilah Safari Dakwah ini, ribuan santri mengumandangkan Takbir mengema mengetarkan bumi Darunnajah, yang di pimpin langsung oleh Ust Mukhlisin, S.H.I selaku koordinator kegiatan. Semangat dakwah terlihat dari masing-masing santri dalam upacara pelepasan ini. Dalam upacara tersebut hadir Direktur TMI Ust.Musthofa Kamal,S.Pd.I,M.Ag dan Pengawas Pesantren Ust Drs Abdur Rasyid. Serta beberapa assatidz dan assatidzah pembimbing Safari Dakwah.

Dalam sambutannya Pimpinan Pesantren KH Jamhari Abdul Jalal, Lc menyampaikan bahwa Dakwah dimasyarakat itu tidak harus dengan hanya ceramah ataupun pidato di mimbar saja akan tetapi dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang sopan santun di masyarakat itupun sudah termasuk dakwah. Maka seluruh santri harus menunjukkan sikap sebagaimana seorang santri, bertutur kata yang baik dengan mengucapkan salam ketika bertemu dengan masyarakat itupun dakwah. Yang harus di ingat bahwa safari dakwah itu tidak hanya santri berdakwah dimasyarakat. Akan tetapi setiap santri akan belajar bagaimana hidup bermasyarakat maka, setiap santri harus menerapkan nilai-nilai kepesantrenan  dimasyarakat.

DSC_0981Setelah upacara pelepasan, seluruh santri ini menuju lokasi safari dakwah. Sesampainya di lokasi safari dakwah , para santri akan memperkenalkan diri kepada ahlul bait tokoh masyarakat dan dilanjutkan dengan bersilaturahmi kepada para tokoh, ulama, guru, dan sebagainya. Melalui forum-forum pengajian dan majelis ta’lim, mereka juga berkesempatan bersilaturahmi dengan warga setempat. Di madrasah-madrasah, TPA damTPQ disinilah mereka akan mengamalkan ilmunya. Dalam pelaksanaan Safari Dakwah kali ini setiap amir berkewajiban untuk melaporkan kegiatan yang di lakukan setiap harinya kepada Panitia Pelaksana melalui SMS Center ataupun melalui SMS nomor Panitia,sehingga Panitia dapat mengetahui kegiatan masing-masing Kafilah.

Safari Dakwah adalah sarana santri untuk belajar di masyarakat,karena hakekatnya belajar tidak hanya berada di bangku sekolah saja, akan tetapi terjun di masyarakat itulah belajar yang sesungguhnya, besar harapan dengan kegiatan Safari Dakwah ini santri mampu mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari di Pesantren.Maghfur/wardan