2014-10-13-791

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., hari Senin, 13 Oktober 2014, bertempat di GOR (Gelanggang Olah Raga) Suryakencana Kota Sukabumi, secara resmi membuka Pospedawil (Pekan Olahraga dan Seni antar Pesantren Tingkat Wilayah) I Jawa Barat Tahun 2014, yang berlangsung selama 2 hari, tepatnya pada hari Senin dan Selasa, tanggal 13 dan 14 Oktober 2014, di Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, Budayakan Olahraga dan Seni di Masyarakat Pesantren.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Muspida, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Pimpinan dan Masyarakat Pondok Pesantren se Wilayah I Jawa Barat, para Sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Organisasi Sosial, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi mengucapkan selamat datang kepada para Pimpinan dan Masyarakat Pondok Pesantren se Wilayah I Jawa Barat, seraya mengharapkan, agar melalui ajang Pospedawil I Jawa Barat ini, dapat meningkatkan jalinan silaturahmi dan persaudaraan, serta kualitas kesehatan dan kebugaran, khususnya di kalangan para Pimpinan dan Masyarakat Pondok Pesantren se Wilayah I Jawa Barat.

Dikatakannya, olahraga dan seni sangat penting dilakukan oleh segenap lapisan warga masyarakat, termasuk Masyarakat Pondok Pesantren. Karena dapat meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan, baik lahir maupun batin. Hal ini sesuai dengan salah satu pepatah, yakni dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut menggambarkan, adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara keadaan tubuh dengan keadaan jiwa, atau lahir dengan batin. Dikatakan pula, melalui olahraga dan seni, juga dapat mengurangi ketegangan, emosi dan stress. Disamping itu, juga dapat mengurangi kegalauan dan depresi, serta dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Walikota Sukabumi menjelaskan, selain melalui olahraga dan seni, dalam menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, juga dapat dilakukan melalui berbagai hal. Diantaranya menjalin komunikasi yang baik dengan Tuhan, melalui pelaksanaan berbagai ibadah dan doa, melakukan berbagai hal yang dapat memberikan dampak positif terhadap orang lain, serta menikmati sekaligus memelihara kelestarian keindahan alam dan seni.Setelah pembukaan diakhiri seluruh kontingen menuju tempat yang sudah ditentukan sesuai dengan cabang mata lomba.

Cabang senam santri yang di ikuti oleh 5 Kabupaten : Kab.Bogor, Kota Bogor, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi,dan Kab.Cianjur, Kab Bogor dalam hal ini di wakili oleh Pesantren Darunnajah Cipining yang dilatih oleh ust.Nurohman,S.Pd.dalamcabang senam santri ini kontingen Darunnajah harus puas di medali Perak, adapun dKab Sukabumi dengan bangga memborong 2 emas sekaligus dalam cabang Senam Sntri Putra dan Putri.

Dalam cabang pencak silat, Kab Bogor mewakilkan kepada Pesantren Darunnajah Cipining. Dalam cabang ini Kontingen Pesantren Darunnajah yang dilatih langsung oleh ust.Anwar Maulana mampu mempersembahkan 8 Emas dan 1 Perak. Hasil ini jelas bahwa kontingen Pencak Silat dan Senam Santri Darunnajah Cipining berhak untuk maju ke POSPEDA tahun 2015 nanti. Wardan/maghfur