Keutamaan Berhias Bagi Kaum Hawa

Keutamaan Berhias Bagi Kaum Hawa

Kamis (10/03/16) kemarin hadir Ust. Ahmad Rosichin sebagai pemateri pengajian kamis istri-istri guru yang memberikan ceramah tentang keutamaan berdandan bagi wanita dan juga larangan atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam berhias. Pengajian berlangsung di Gedung Sekretariat Presantren tepatnya selepas shalat ashar berjama’ah.

Dalam kesempatan tersebut beliau memaparkan tentang pentingnya berhias diri bagi wanita diantaranya untuk menjaga nikmat allah, merawat diri, mempercantik diri dan tentunya dapat bernilai ibadahj ketika wanita itu berhias semata-mata hanya ingin membuat suaminya bahagia.

Selain itu beliau juga menegaskan bahwasannya allah itu indah dan menyukai keindahan, salah satunya dengan berhias menjadikan kaum wanita menjadi indah untuk dipandang. Disamping itu berhias bagi kaum wanita bukan hanya sekedar mempercantik diri namun juga terdapat nilai ibadah di dalamnya.

Adapun larangan-larangan dalam berhias diantaranya:

  1. Pangur

Meratakan gigi dengan dasar yang tidak jelas hanya semata-semata ingin mengubah ciptaan semata.

  1. Mencukur Alis

Diharamkan bagi kaum hawa dalam mencukur alisnya, baik karna alasan mempercantik diri, meratakan ataupun yang lainnya.

  1. Sambung Rambut

Allah akan melaknat para wanita yang menyambung rambutnya baik dalam waktu sementara maupun dalam waktu kurun yang lama, karna hal ini sama saja tidak menyukuri nikmat Allah SWT.

  1. Mentato

Wanita dilarang keras untuk mentato badannya atau anggota yang lainnya baik dalam hal berkreasi maupun koleksi. Yang tak kalah jauh adalah seperti menyulam bibir.

Tak hanya itu berhias juga bisa dikatakan tidak baik jika waktu yang digunakan terlalu lama dan berlebihan serta menggunakan peralatan berhias yang dianggap melampaui batas harganya. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang diatas amin.!

(WARDAN/Annisa)