Peningkatan Kualitas Guru Annur dengan Mempersiapkan Bahan Pengajaran Sebelum Memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Menu

Peningkatan Kualitas Guru Annur dengan Mempersiapkan Bahan Pengajaran Sebelum Memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Attoriqotu Ahammu Minal Maddah, wal Mudarrisu Ahammu Minattoriqoh, wa ruhul Mudarris Ahammu Minal Mudarris Nafsahu. Artinya : Metode/tatacara mengajar lebih penting dari diktat/pelajaran, seorang guru lebih penting dari metode, dan Ruh pengajar lebih penting dari pengajar itu sendiri.
Kutipan diatas mempunyai makna yang sangat berharga bagi seorang guru atau pengajar pondok Pesantren, terutama Pesantren Darunnajah. Dengan memahami kutipan tersebut, para pengajar akan berhasil dalam penyampaian ketika mengajar.

Pesantren Annur Darunnajah 8 cidokom menitik beratkan dalam hal “persiapan”mengajar untuk seluruh dewan guru Tarbiyatul Mu’allimin/Mu’allimat Al-Islamiyah (TMI). Banyak persiapan yang harus diselesaikan oleh dewan guru sebelum mengajar, contohnya persiapan secara tertulis(‘Idad), Alat tulis/keterangan (Wasailul Idoh) dan persiapan yang lain nya.
Alhamdulillah, seluruh dewan guru Annur Cidokom telah membuat persiapan (‘idad) sebelum memasuki ruangan kelas. Persiapan(‘idad) ini, dikoreksi dan ditanda-tangani terlebih dahulu oleh syekh diwan(guru senior).

Adanya sitem seperti ini akan menjadikan guru lebih terarah dalam mengajar, point-point yang akan disampaikan sesuai dengan tujuan, tujuan seorang guru akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Data yang didapatkan dari bagian karik guru Pesantren Annur Darunnajah 8, bahwa pada semester ke-2, persiapan tertulis dewan guru telah memulai bahkan tidak ada lagi guru yang mengajar tanpa mempersiapkan “idad” terlebih dahulu.
“guru yang baik yaitu dia yang mempersiapkan diri sebelum mengajar”.

Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom
Web : cidokom.darunnajah.com

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait