Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Tentang Pesantren

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah bagian dari Yayasan Darunnajah dan merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta Selatan. Kurikulum, sistem pengajaran dan jenis aktifitas santrinya sama. Saat ini santrinya berjumlah 3000 orang dan insya Allah akan terus bertambah.

Alumninya tersebar di seluruh Indonesia dan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Juga tak sedikit yang kuliah di negara-negara lainnya seperti Arab Saudi, Mesir, Turki, Pakistan, Maroko, Lebanon, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Amerika, Inggris, dll. Jenjang pendidikannya lengkap dari Paud, TK, SD, MTs, MA, SMP, SMK semua ada. Sekolah-sekolah ini sudah akreditasi A. Diakui berkualitas oleh pemerintah dan masyarakat.

Darunnajah Cipining memberikan beasiswa untuk santri berprestasi. Tahfidz Qur'an di Pesantren ini dibina dalam lingkungan yang kondusif. Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining berada di atas tanah wakaf seluas 70 hektare lebih, di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat. Berdiri tahun 1988.

Kurikulum Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor adalah perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Kurikulum Nasional dan Pesantren Salafiah. Bidang-bidang (ilmu-ilmu) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya, begitu pula (ilmu-ilmu) agama Islam diajarkan dengan Bahasa Arab (tujuannya antara lain agar santri/siswa mampu memahami dan menerangkannya dengan bahasa aslinya).

Adapun bidang studi lainnya diajarkan dalam bahasa Indonesia. Sebagai sekolah Islam berasrama yang berkualitas, Darunnajah Cipining punya banyak sekali kegiatan menarik bagi santri-santrinya. Kegiatan ekstra kurikuler begitu hidup disini. Santri-santrinya baik, sopan, santun, pintar dan berprestasi.

Lahannya luas, sejuk asri dan alami. Udaranya segar, pepohonan hijau dan rimbun. Lingkungannya tenang, jauh dari kebisingan kota dan hiruk-pikuk kehidupan. Pesantren Darunnajah ini ada di atas bukit, pemandangannya indah. Kita bisa main air di danau, atau jalan-jalan ke hutan, sawah dan pegunungan. Bahkan mau masuk goa pun bisa.

Fasilitas cukup lengkap, kolam renang juga ada disini. Pesantren menyediakan wisma bagi tamu yang ingin menginap. Tersedia puluhan kamar wisma dengan fasilitas full AC dan kamar mandi dalam.

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah Lembaga Pendidikan Islam yang independen, tidak berafiliasi kepada partai politik atau organisasi masyarakat tertentu. Tidak terlibat/berhubungan dengan kelompok/aliran/ajaran apapun di luar Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Motto kami adalah “Berdiri Di Atas Dan Untuk Semua Golongan”.

Lembaga-lembaga pendidikan yang diselenggarakan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor adalah sebagai berikut:

1. MA (Madrasah Aliyah)
2. MTs (Madrasah Tsanawiyah)
3. SMP (Sekolah Menengah Pertama)
4. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
5. MI (Madrasah Ibtidaiyah)
6. TK (Taman Kanak-Kanak)
7. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
8. MD (Madrasah Diniyah)
9. TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an)
10. MT (Majlis Ta'lim)

11. STAI Darunnajah Bogor (Sekolah Tinggi)

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Jalan Argapura Kelurahan Argapura RT 02 RW 03 Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Kode Pos 16660

RUTE KENDARAAN PRIBADI:

1. Dari Bogor, ikuti jalur menuju Jasinga, belok kanan di pertigaan kadaka/Bunar, menuju Darunnajah Cipining

2. Dari Pandeglang, ikuti jalur menuju Jasinga kemudian Kadaka/Bunar, selanjutnya belok kiri menuju Darunnajah Cipining

RUTE KENDARAAN UMUM:

1. Dari Bogor, naik jurusan Jasinga, turun pertigaan Kadaka-Bunar menuju Darunnajah Cipining

2. Dari Pandeglang, naik jurusan Jasinga kemudian turun di Kadaka/Bunar, selanjutnya naik jurusan parung PANJANG, turun di Darunnajah Cipining.

RUTE KERETA API:

Dari Jakarta/Rangkasbitung, naik kereta api jurusan Jakarta-Rangkasbitung, turun di Stasiun Parung PANJANG, lanjut naik angkutan umum jurusan Kadaka/Bunar turun di Darunnajah Cipining 

RUTE DARI BANDARA:

1. Bisa Naik Taksi Online langsung ke Pesantren

2. Bisa juga naik Bis Damri dulu ke Serpong, lanjut kendaraan umum lain

Lembaga Pendidikan

Pesantren MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah). Kegiatan belajar di sekolah mulai pukul 06.50 WIB sampai 13.45 WIB. Kegiatan lain di luar sekolah diantaranya; Shalat jama'ah 5 Waktu, Mengulang Pelajaran, Ta'lim, Pengajian, Olahraga, Kursus Keterampilan, Praktek Ibadah, Latihan Pidato (Muhadhoroh), Pramuka, Percakapan Bahasa Arab dan Inggris (Muhadatsah), Organisasi Santri, Silat, Tilawatil Quran, Tahfidz Al-Quran (Pilihan), Puasa Sunnah (Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh), Safari Dakwah, Praktek Mengajar, Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM), Jurnalistik, Study Tour, dan lain-lain.

 

Pesantren MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah). Kegiatan belajar di sekolah mulai pukul 06.50 WIB sampai 13.45 WIB. Kegiatan lain di luar sekolah diantaranya; Shalat jama'ah 5 Waktu, Mengulang Pelajaran, Ta'lim, Pengajian, Olahraga, Kursus Keterampilan, Praktek Ibadah, Latihan Pidato (Muhadhoroh), Pramuka, Percakapan Bahasa Arab dan Inggris (Muhadatsah), Organisasi Santri, Silat, Tilawatil Quran, Tahfidz Al-Quran (Pilihan), Puasa Sunnah (Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh), Safari Dakwah, Praktek Mengajar, Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM), Jurnalistik, Study Tour, dan lain-lain.

 

Program tahfidz ini adalah program menghafal Al-Quran plus sekolah MTs/MA. Persyaratan dan biayanya sama dengan program pesantren MTs/MA biasa. Kegiatan Belajar juga sama, hanya ada penambahan program hafal Al-Quran.

Program Tahfidz Al-Quran ada dua macam;

(1) Tahfidz Reguler, biaya normal seperti Program Pesantren MTs/MA. Untuk masuk program ini harus lulus ujian seleksi penerimaan. Biasanya ujian diadakan setelah 1-2 bulan dari awal semester

(2) Tahfidz Beasiswa Full. Program ini gratis biaya bulanan, syaratnya harus lulus ujian seleksi ketat dan siap menghafal dengan target sebagai berikut:

- Tahun I kelas Intensive: 7 Juz
- Tahun II kelas 1 SLTA: 8 Juz
- Tahun III kelas 2 SLTA: 8 Juz
- Tahun IV kelas 3 SLTA: 7 Juz
- Tahun V: Mengulang hafalannya (minimal 2X hatam)

Adapun konsekuensi jika target tidak tercapai adalah;

Jika tidak mencapai target, maka akan diberhentikan sekolah selama satu tahun sampai memenuhi target.

Jika berhenti sebelum kelas 3 MA dan belum menyelesaikan 2 kali khatam hafalan, maka wajib mengganti semua biaya selama di pesantren.

#

Program Santri Cilik (Sanlik) adalah untuk murid kelas 3-6 MI/SD yang sudah bisa mandiri dan mengikuti peraturan disiplin pesantren. Masuk pesantren harus atas kesadaran diri sendiri, tidak boleh terpaksa karena kemauan orang lain.

Kegiatan belajar di sekolah pagi sampai Zhuhur. Kegiatan lain diluar kelas; Belajar membaca Al-Quran, Latihan Percakapan Bahasa Arab dan Inggris, Praktek Ibadah, Tahfidz Quran (Juz 30), Latihan Pidato, Belajar Komputer, Silat, Olahraga dan lain-lain.

 

Klik di bawah ini untuk melihat foto-foto kegiatan;

FOTO KEGIATAN

Penerimaan Murid Baru

Selama Pandemi ini, Pesantren belum bisa menerima kunjungan tamu dari luar, termasuk calon santri yang akan survei ke lokasi.

Maka sebagai gantinya, calon santri bisa melakukan virtual tour melalui Album foto dan Video melalui link berikut ini;

Galeri Foto

Galeri Video

Syarat Wajib Calon Santri:

1. Mampu membaca Al Quran
2. Hafal bacaan Shalat
3. Sehat fisik (tubuh, jasmani)
4. Sehat mental (kejiwaan, psikologis)
5. Masuk pesantren atas kemauan sendiri, bukan karena dipaksa siapapun
6. Masuk pesantren dengan izin kedua orangtua kandung
7. Mampu hidup mandiri, disiplin dan tidak manja
8. Tidak memiliki penyakit berat atau kambuhan
9. Tidak bermasalah dengan keluarga, teman dan lingkungan
10. Tidak pacaran
11. Tidak merokok
12. Tidak pernah menggunakan narkoba
13. Tidak pernah tersangkut masalah hukum
14. Tidak pernah memiliki ilmu ghaib, jimat, dll
15. Siap mentaati aturan disiplin yang ketat dan menjalankan sanksi bila melanggar

Kami hanya menerima pendaftar yang telah memenuhi semua 15 syarat diatas tanpa terkecuali.

Tahapan pendaftaran (berurutan):

1. Calon santri dibantu oleh orangtua/walinya melakukan pendaftaran online melalui link santri.darunnajah.com,

2. Setelah mendaftar dan berhasil login, orangtua/walinya melengkapi data-data yang dibutuhkan

3. Membayar biaya Registrasi melalui rekening virtual account/VA santri (nomor rekening virtual account ada di halaman registrasi)

4. Calon santri mengikuti Ujian Tahap Dasar secara online, dipandu oleh panitia.

5. Bagi calon santri yang mendaftar beasiswa tahfizh, wajib mengikuti ujian tahfizh yang akan dilaksanakan pada:
- Gelombang 1: Tanggal 7 s/d 9 Januari 2021
- Gelombang 2: Tanggal 8 s/d 10 April 2021

6. Santri dan walinya datang ke pesantren pada tanggal:
- Putri: Sabtu, 19 Juni 2021
- Putra: Ahad, 20 Juni 2021
Dengan membawa: Semua berkas-berkas pendaftaran, bukti-bukti pembayaran dan perlengkapan pribadi santri

Berikut ini kami sampaikan Brosur Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor sebagai panduan singkat mengenai Pesantren kami. Klik pada link dibawah ini untuk download brosur terbaru yang berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya.

Brosur Pesantren SLTP/SLTA

Brosur Pesantren Tahfizh

Brosur Santri Kader (Beasiswa)

Brosur MI, RA, PAUD (non-asrama)

Biaya Pendaftaran: Rp 170.000
Dana Pangkal (Tahap 1); Rp 1.500.000

Catatan:

- Dana Pangkal Tahap 1 dilunasi setelah dinyatakan lulus (paling lambat 2 minggu setelah pengumuman)

- Total Dana Pangkal adalah Rp 8.120.000 dilunasi sebanyak 4 Tahapan

Call Center

Layanan Telpon Umum/WhatsApp

Aktif pada Jam Operasional

Klik 0812-8110-1924

Layanan Chat Bot WhatsApp (Otomatis)

Tidak menerima Panggilan

Klik 0857-1100-4538

Jam Operasional:

- Pagi: Pkl 08.00 - 11.30 WIB

- Siang: Pkl 13.00 - 16.00 WIB