Menu

OSIS SMP TPM Berlatih Di Pesantren Darunnajah Cipining

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dengan mengusung tema ‘Create something to do anything’ sebanyak 20-an pengurus OSIS TPM yang beralamat di Cikupa berlatih kepemimpinan di pesantren Darunnajah Cipining. Pelatihan kepemimpinan ini dikemas dalam bentuk LDK (Latihan Dasar Kepemiminan) yang dibimbing langsung oleh Bapak Yandi Sopandi, S.Pd.I yang juga alumni Darunnajah Cipining angkatan 6 (1999).

Pemilihan lokasi di pesantren Darunnajah Cipining, tepatnya kampus 2 karena dirasa tempat ini representatif serta kondusif guna melatih mental dan fisik para peserta. Sebagaimana penjelasan Bapak Yandi, bahwa pelatihan ini hendaknya dapat mengasah mental peserta sehingga mereka tidak lagi cengeng, mudah putus asa, dan kelemahan mental lainnya. Begitupun dengan fisik, beberapa kegiatan fisik juga dilakukan seperti wide game menuju puncak gunung binangkit—gunung yang mengawal kampung Cipining karena letaknya tepat di belakangnya.

LDK yang diselenggarakan selama 3 hari (25-27/6) tersebut juga diisi dengan berbagai macam session. Beberapa materi diisi oleh dewan guru Darunnajah Cipining. Seperti malam Ahad (26/6) kemarin, Ustadz Muhammad Musta’in berkesempatan membius mereka dengan materi ‘Manajeman Organisasi’.  Selain mengajak menjadi manusia baru dengan kepribadian dan visi hidup yang baru, Ustadz Musta’in menjelaskan tentang tugas manajemen yang meliputi POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) serta analisis SWOT (strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) sebagai modal menuju organisasi yang handal.

Melengkapi perbekalan peserta LDK, Ustadz lulusan manajemen tersebut membeberkan rahasia kesuksesan A. Riawan Amin dalam memimpin Bank Muamalat Indonesia menjadi pioneer Bank Syariat. Mengutip buku yang ditulisnya berjudul ‘The Celestial management’, seharusnya kepemimpinan itu beraspek pada ZIKR( Zero base, Iman, Konsisten, Result Oriented),  PIKR (Power sharing, Information sharing, Kowledge sharing, Rewards sharing) dan MIKR (Militan, Intelek, Kompetitif, dan Regeneratif).

Menutup kegiatan LDK di hari terakhir, peserta diajak mengunjungi objek wisata Goa Gudawang yang berada di dekat pesantren. Disana, mereka menikmati alam wisata kebanggaan masyarakat Cigudeg tersebut. Agar tidak penasaran, panitia juga mengajak mereka menelusuri kedalaman goa menggunakan senter.

Usai menyempurnakan segala kegiatan terkait LDK, menjelang pukul 4 sore, seluruh panitia dan dan peserta berpamitan kepada pimpinan pesantren, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc. Kepada Wardan, peserta mengaku senang dapat berkunjung dan berlatih di pesantren Darunnajah Cipining. “Iya, disini enak, semuanya ada, trus setiap selesai sholat, kita juga diadain pidato (ta’lim) deh…” ujar salah satu peserta. (Wardan/Billah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait