Menu

Orientasi Kemasyarakatan dan Perguruan Tinggi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Mujadilah : 11)

Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015
Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015

Mengingat pentingnya menuntut ilmu yang tidak ada batasan tempat dan waktu. Kita telah memahami bersama bahwa ilmu pengetahuan tidak akan bisa didapatkan hanya dengan berdiam diri di suatu tempat, melainkan kita harus tetap berusaha mencari dimanapun sumber ilmu berada. Demikian pemaparan K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc ketika menyampaikan orasinya dalam Agenda “Orientasi Kemasyarakatan dan Perguruan Tinggi”  berkaitan dengan ayat diatas maka Pesantren Darunnajah Cipining terus-menerus berusaha meningkatkan kualitas disamping kuantitas yang juga perlu dikembangkan.

Tepatnya pada hari senin-selasa, 26-27 Januari 2015 Pesantren Darunnajah Cipining kembali mengadakan agenda tahunan untuk seluruh kelas VI TMI (Tarbiyatul Mu’allimin/at Al-Islamiyah)/ XII MA dan SMK yang berjumlah 156 siswa/siswi. Agenda Orientasi Kemasyarakatan dan Perguruan Tinggi berjalan dengan baik dan lancar.

Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015
Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015

Agenda tahunan ini biasanya dilaksanakan pasca UN (Ujian Nasional) MA/SMK, namun pada tahun ini sengaja dimajukan agar siswa kelas XII dapat lebih mantap dalam mengambil keputusan jauh-jauh hari sebelum menentukan pilihan tempat melanjutkan studinya serta lebih focus dalam mengikuti agenda pendidikan seperti bimbel, try out, ujian akhir niha’ie dll. Agenda ini dimulai dengan orientasi kemasyarakatan yang disampaikan langsung oleh pimpinan pesantren, dalam orasinya beliau menyampaikan bahwa semua santri/ alumni Darunnajah Cipining harus bisa kreatif dan innovative dalam segala hal, harus bisa menjadi pemimpin dalam segala bidang, IMAMA itulah target yang harus dicapai oleh setiap santri. Bapak Kyai juga menyampaikan beberapa trik/ bekal bagaimana agar nantinya semua alumni bisa diterima di masyaarakat seutuhnya, modal yang paling utama adalah aqidah, Akhlaq dan kejujuran.

Dalam sesi tanya jawab di season akhir beliau menyampaikan bahwasanya pendidikan itu tidak ada batasnya, selesai MA/ SMK masih banyak perguruan tinggi yang menerima mahasiswanya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri, swasta/ negeri, semua jurusan tersedia sesuai dengan bakat kemauan dan kemampuan yang dimiliki masing-masing calon mahasiswa. Juga tidak kalah pentingnya jika calon mahasiswa hendak melanjutkan studinya diluar negeri maka syarat mutlak adalah mendapatkan restu dari kedua orang tuanya, seorang santri harus bisa meyakinkan hati orang tua untuk mendapatkan restunya, jika memang studi diluar lebih baik maka ambil jalan yang terbaik, jangan sampai salah langkah.

Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015
Orientasi Kemasyarakatan dan PT. TMI Pesantren Darunnajah Cipining Tahun 2015

Agenda orientasi perguruan tinggi ini sengaja diadakan setiap tahun, tujuannya agar seluruh calon alumni semakin terbuka wawasannya dalam bidang pendidikan dan optimis bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Pihak pesantren memberikan fasilitas dan kesempatan bagi beberapa perguruan tinggi/ universitas se-jabodetabek untuk memberikan wawasan dunia perkuliahan, beberapa perguruan tinggi yang hadir dalam agenda tahun ini diantaranya adalah UMJ, UIKA, UHAMKA, UNJ, STAIDA, UNPAM, TAZKIA dan UMT. bahkan tahun ini panitia dapat menghadirkan utusan dari UIN Malang dan UNISBA (Universitas Islam Bandung). Beberapa Universitas berhalangan hadir karena bersamaan dengan agenda liburan. Prima Husada Bogor pada tahun-tahun sebelumnya aktif dalam memberikan orientasi, namun tahun ini ada beberapa kendala teknis sehingga PHB dan IPB tidak dapat menghadiri undangan dari panitia namun tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut, untuk pendaftaran perguruan tinggi selama ini banyak kemudahan dengan adanya kepedulian para alumni Darunnajah Cipining yang tersebar hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia maka seluruh calon mahasiswa yang melanjutkan studinya akan sangat terbantu.

Sesi kedua setelah orientasi kemasyarakatan langsung dilanjutkan orientasi perguruan tinggi timur tengah yang disampaikan oleh Ust. Musthofa Zahir, Lc. Beliau menyampaikan dengan jelas bahwa peluang beasiswa ke timur tengah sangat banyak jika kita bisa lebih kreatif dibidang media sosial maupun mempunyai jaringan baik via kementrian agama maupun jalur lainnya. Beasiswa dapat diurus langsung ditempat perkuliahan, beberapa alumni Darunnajah sudah banyak yang tersebar dalam beberapa perguruan tinggi timur tengah, sebagian besar mereka siap membantu dalam mengurus administrasi maupun keperluan yang lainnya. Season orientasi berikutnya adalah utusan dari UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta), rombongan hadir bersama Dosen dan mahasiswa utusan dari fakultas hukum, acara berlangsung meriah karena audien sangat aktif ditambah ada doorprize bagi para penanya dan peserta orientasi terbaik. UMT (Universitas Muhammadiyah Tangerang) juga tahun ini bisa hadir Dekan Fakultas Agama Islam H. Saiman Sholeh, M.Pd bersama wakil dekan, Kaprodi Perbankan Syari’ah dan Kaprodi Bahasa Arab. Rektor UMT memberikan kesempatan/ alternative bagi calon mahasiswa yang berasal dari Tangerang dan sekitarnya agar bisa masuk ke UMT dengan jarak yang terjangkau juga ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bagi yang berminat.

Sesi terakhir dimeriahkan oleh kehadiran/ utusan dari UNISBA (Univarsitas Islam Bandung) yang kebetulan salah satu dosennya adalah alumni Darunnajah Cipining a.n. Ustadz Guntara, Lc, M.Ag yang masih aktif dalam kampus tersebut. Juga salah satu Kepala Program Pendidikan Dakwah dan Dosen mata kuliah bahasa arab di UNISBA Ustadz Drs. Haris Hasbullah (salah satu kawan pak kyai ketika masih di Gontor Ponorogo, Jawa Timur) menyampaikan sedikit orasi ilmiah dengan leluconnya sekaligus  memberikan motivasi kepada seluruh santri agar tidak putus sekolah serta dapat melanjutkan kuliah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Semoga dengan adanya agenda ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi seluruh santri kelas VI TMI serta dapat menjadi modal utama sebelum menentukan pilihan yang menjadi target dan cita-cita dimasa mendatang, sesuai dengan misi pesantren “Process and Progress, Not Perfection” segala sesuatu yang terpenting dan termahal adalah Proses dan Kemajuan, bukan Kesempurnaan. [WARDAN/Moebarok Noor].

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Alumni Darunnajah Lanjutkan Studi di IIUI Pakistan

Saat ini sudah sangat banyak alumni Pesantren Darunnajah yang melanjutkan pendidikannya di seluruh penjuru dunia dan salah satunya di Pakistan. Kali ini kita akan menceritakan,

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam