Muwajahah Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Diri Santri
Menu

Muwajahah Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Diri Santri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

 

 

Muwajahah

Kata muwajahah berasal dari bahasa Arab yaitu, وَجَّهَ – يُوَجِّهُ  yang memiliki baberapa arti menurut kamus Ma’ani :

  1. mengirimkan, mengutuskan;
  2. mengarahkan, meningkatkan, membidikkan ke arah, melangsungkan;
  3. memutar, mengatur;
  4. mengemudi, memandu, memimpin, mengontrol;
  5. mengajukan

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sendiri, muwajahah artinya bertatap muka.

Bagi kami penuntut ilmu yang hidup di pondok, kata muwajahah bukanlah kata asing. Banyak sekali cerita, pengalaman atau kenangan yang ada di dalamnya. Tepat pukul 20.00 WIB jaros mulai dibunyikan menandakan bahwa waktu muwajahah telah tiba. Menurut kami muwajahah adalah kesempatan kami untuk meluangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan diri masing – masing melalui berbagai cara.

Ada yang mengulang pelajaran di kelas, ada yang menghafal, ada yang belajar bersama didampingi oleh para Asatidz dan Ustadzaat, ada pula yang menghabiskan waktu muwajahah dengan berdiskusi sambil memakan snack di gazebo.

Apalagi saat musim ujian seperti sekarang, rasanya semua penjuru di pondok ini tidak ada yang kosong dan banyak dari  kami lebih suka untuk belajar sendiri di tempat ternyaman kami agar kami bisa belajar dengan fokus.

Ayah… Ibu… Doakan anakmu yang sedang berjuang untuk kebahagiaan dunia & akhirat kelak. Semoga kami terus tumbuh jadi anak yang berbakti pada kedua orang tua, serta selalu mendoakan kalian setiap waktu.

Ustadz.. Ustadzah.. ridhoi kami dalam menimba ilmu agar kami dapat tumbuh, berkembang dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.

Yaa Rabb.. Tiada daya dan upaya melainkan semua atas Kehendak-Mu.. Maka kabulkanlah permintaan dan do’a – do’a baik kami.. Aamiin (12/02/2020) @nulaqo_

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menghadapi Ujian Dari Allah dengan Kesabaran

Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan allah dari makhluk yang lain. Mengapa demikian? Karena manusia adalah makhluk istimewa yang allah beri akal dan jasad yang

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Menyibukkan Diri Untuk Mengingat Allah Dengan Berdo’a

Kita sering kali susah payah menggapai hasil yang kita cita-citakan. Tak peduli siang maupun malam mengeluarkan keringat untuk menggapainya. Entah perihal akademik, bisnis atau bidang