Menumbuhkan Semangat Jiwa Yang Lima

menumbuhkan semangat jiwa yang lima

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

“ Suatu hari nanti aku akan kembali ketempat ini membawa bunga- bunga harapan dan Impian.. akan kukatakan padanya “ Anakku.., dulu ayah pernah disini menyelami makna jiwa yang lima dan kunci filosofi kehidupan. Nak.., Apa yang Kau dengar..Kau lihat..Kau Rasakan adalah pendidikan !“

Pesantren tak ubahnya tempat yang dipenuhi filosofi kehidupan yang terus bergerak pada poros nilai – nilai semangat diri dalam membangun serta meningkatkan kualitas kejiwaan, seluruh kehidupan dipesantren didasarkan pada sunnah- sunnah pesantren yang terus berputar didalam jiwa yang lima.

Keikhlasan

Jiwa ikhlas yang tertanam pada kehidupan pesantren yang dilakukan semata mata karena ibadah, lillahi ta’ala. Dimana pendidik harus ikhlas dalam mendidik dan peserta didik juga dapat ikhlas menerima hasil didikan, berjalan terus berkesinambungan dalam membantu proses pendidikan pesantren sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan menumbuhkan semangat pendidik dan peserta didik untuk berjuang dijalan Allah.

keikhlasan
keikhlasan

Kesederhanaan

Terpancar jiwa yang besar dalam jiwa sederhana sehingga melalaui pesantren dapat menumbuhkan nilai kepribadian berani pantang mundur dan terus maju dalam menghadapi perjuangan hidup. Tak bisa dikatakan miskin ataupun kaya  tapi nilai kekuatan dan ketabahannya yang diunggulkan guna menerapkan mental serta karakter yang kuat didalam mengarungi makna kehidupan.

hidup itu sederhana
hidup itu sederhana

Berdikari

Upaya Kesanggupan menolong diri sendiri merupakan senjata ampuh yang dibekalkan pesantren kepada para peserta didik. Berdikari tidak saja berarti bahwa peserta didik sanggup belajar dan berlatih mengurus segala kepentingannya sendiri,  tetapi pesantren itu sendiri sebagai lembaga pendidikan juga harus sanggup berdikari sehingga tidak pernah menyandarkan kehidupannya kepada bantuan atau belas kasihan pihak lain.

golongan
golongan

Ukhuwah Islamiyah

Keakraban persaudaraan di dalam pesantren antara pendidik dengan peserta didik ataupun peserta didik dengan peserta didik lainnya tidak ada jarak pemisah antara satu sama lain dalam menjalin Ukhuwah Islamiyah. Suka dan duka dirasakan bersama dalam menjalankan kehidupan pesantren sehingga ketika nantinya sudah terjun dalam lingkungan masyarakat dapat mempengaruhi  persatuan umat, bangsa dan Negara.

pentingnya akhlak bagi kita umat kaum muslimin
Pentingnya Akhlak BAgi Kita Umat Kaum Muslimin

Kebebasan

Upaya dalam berpikir dan bertindak sampai menentukan langkah menggapai  masa depan sehingga menemukan makna bebas yang tidak menjurus pada pengaruh negatif dari luar dan masyarakat. Jangan sampai nilai kebebasan disalahartikan bahkan disalahgunakan sehingga hilangnya tujuan dan prinsip kehidupan.

Jiwa yang lima itulah yang yang akan menjadi bekal oleh pendidik dan peserta didik dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat yang patut dijaga, dipelihara dan dikembangkan dengan sebaik baiknya.

Hidup adalah kebebasan, bebas memilih apa yang di karuniakan Allah untuk mendekatkan diri kepadanya
Hidup adalah kebebasan, bebas memilih apa yang di karuniakan Allah untuk mendekatkan diri kepadanya

 

 

 

 

 

 

Keikhlasan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir