Menu

Menanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

– Menanamkan Rasa Nasionalisme  pada Anak-

Mungkin sebagian besar anak jaman sekarang ini sudah tidak mengenal identitas bangsa sendiri yaitu bangsa Indonesia. Banyak anak yang lebih mengenal budaya barat daripada kebudayaan negeri sendiri. Jarang sekali di era globalisasi ini kita temukan anak yang mengenal lagu daerah maupun nama tarian daerah Indonesia.

Sebenarnya tidak susah menumbuhkan sikap patriotisme dan rasa nasionalisme pada anak. Bahkan kita bisa mulai dari usia dini. Sebagai orang tua, kita harus lebih kreatif untuk mengenalkan budaya bangsa sendiri kepada anak. Perwujudan sikap nasionalisme di jaman teknologi ini sudah pasti tidak berarti angkat senjata dan berperang bela negara tetapi dapat diwujudkan dalam bentuk yang lain, seperti bagaimana mengharumkan nama bangsa dengan prestasi dibidang olah raga, seni, budaya, kompetisi ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Melakukan kegiatan-kegiatan yang memperlihatkan karakter bangsa.

Berikut beberapa contoh yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari.

  • Membacakan Cerita Rakyat
    Buku dongeng yang beredar sekarang memang lebih banyak dalam Bahasa Inggris dan gambar yang menarik buat anak-anak. Tapi masih banyak juga buku cerita daerah yang sudah dicetak ulang dengan gaya bahasa lebih simple dan gambar yang tidak kalah menarik. Yang paling penting adalah pendidikan moral di dalamnya. Cerita seperti Tangkuban Perahu atau Malin Kundang yang sudah kita hafal luar kepala, mungkin bisa jadi cerita pengantar tidur buat anak kan?
  • Memilih Produk Dalam Negeri
    Mainan mobil balap internasional atau boneka cantik luar negeri mungkin jadi salah satu mainan wajib anak-anak sekarang ya. Tapi, bukan berarti mainan-mainan tradisional jadi dilupakan ya. Congklak, salah satunya. Permainan ini bisa melatih si kecil berhitung dan berinteraksi dengan lawan mainnya.
  • Makanan Tradisional
    Mungkin bagi sebagian anak, restoran siap saji ayam goreng luar negeri sudah jadi santapan favorit ya. Tapi tidak ada salahnya kalau kita ganti menu makannya dengan ayam goreng bumbu traditional yang sudah turun temurun. Makanan Indonesia yang kaya akan rempah pasti dijamin enak dan bergizi. Anda bisa mulai dengan ajak anak ke rumah makan tradisional dengan konsep budaya Indonesia.
  • Kenalkan Lagu Indonesia
    Anak-anak suka diajari menyanyi dan menari. Lagu- lagu berirama riang bisa menjadi pilihan. Mungkin lagu daerah masih terdengar rumit, tapi bisa coba kita aransemen ulang. Atau kenalkan dulu lagu-lagu anak yang berbahasa Indonesia.
  • Peringati Hari Besar Nasional
    Banyak hari besar nasional yang sudah tidak diperingati di sekolah. Kita bisa memperingati dengan cara kita sendiri. Ajak anak pakai batik atau kebaya di Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional, Hari Sumpah Pemuda, atau Hari Pahlawan.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, kita bisa menumbuhkan sikap patriotisme anak dengan ikut serta dalam kegiatan kemerdekaan. Rasa nasionalisme perlu dipupuk untuk mendidik anak menjadi warga negara yang baik dan bisa menjadi anak yang bertanggung jawab.

Kami Mengucapkan ……….

” HUT DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 69 “

MERDEKAAAA DARI BELENGGU ASING :D

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait