MEMBANGUN KARAKTER SEJAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Kapan waktu yang tepat untuk menemukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang?
Jawabanya adalah : Saat masih usia dini. Sebuah fakta yang telah banyak diteliti oleh para peneliti dunia. Pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80%. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah dimana masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual akan mulai terbentuk karena itu banyak yang menyebut masa-masa emas anak (golden age)
Bagaimana cara membangun karakter anak usia dini?
Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (triangle relationship) hubungan dengan diri sendiri, (intrapersonal) dengan lingkungan (hubungan dengan alam sekitar) dan hubungan dengan tuhan yang Maha Esa (spritual). Setiap hasil hubungan tersebut akan memberikan pemaknaan/pemahaman yang pada akhirnya menjadi nilai dan keyakinan anak. Cara anak memahami bentuk hubungan tersebut akan menentukan cara anak memperlakukan dunianya, pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negatif begitupun sebaliknya perlakuan positif akan berimbas positif dan memperlakukan dunianya dengan positif.
“Tumbuhkan sikap positif pada diri anak sejak usia dini”
“Biasakan anak bersosialisasi dan berintraksi dengan lingkungan”
Pilihan pada lingkungan anak berpengaruh pada tumbuh kembang karakter anak tersebut
“Membangun hubungan spritual dengan tuhan Yang Maha Esa, terbangun melalui pelaksanaan dan penghayatan dalam beribadah ritual yang terimplementasi pada kehidupan sosial.

Membangun karakter sejak pendidikan anak usia dini RA Darunnajah 10

Membangun karakter sejak pendidikan anak usia dini RA Darunnajah 10

IMG-20160212-WA0003
(Nurzakiah)