Media Belajar Daring Yang Menyenangkan Ala TK Islam Darunnajah

Media Belajar Daring Yang Menyenangkan Ala TK Islam Darunnajah

Guru memeperlihatkan gambar-gambar yang menarik terkait pembelajaran yang sedang dilakukan dengan media zoom meeting

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Pandemi Covid 19 yang berlangsung di Indonesia sejak awal tahun 2020 belum juga usai sampai sekarang. pandemi tersebut mengakibatkan belum dibukanya pembelajaran tatap muka dari TK sampai perguruan tinggi. Kondisi itu pula yang menyebabkan pembelajaran masih harus dilakukan secara daring. Pembelajaran Daring merupakan pembelajaran yang dilakukan Dalam jaringan artinya pembelajarn tersebut dilakukan guru dan murid dengan menggunakan jaringan internet dan media elektronik.

Loading...

TK Islam Darunnajah merupakan salah satu lembaga pendidikan untuk Anak Usia Dini yang sampai saat ini juga masih melakukan pembelajaran Daring untuk pendidikan siswa-siswanya. Beberapa media pembelajaran yang digunakan oleh TK Islam Darunnajah adalah sebagai berikut :

 1. Video Call Whatsapp

Pembelajaran Daring TK Islam Darunnajah dengan Media Whatapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang menjadi media belajar daring pertama TK Islam Darunnajah. media ini menjadi pilihan karena guru dan murid bisa berinteraksi secara langsung melalui layar HP.

agar pembelajaran lebih efektif, biasanya guru membagi murid menjadi beberapa kelompok dan sesi belajar. Pembelajaran Dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00. Guru akan mulai menghubungi anak dengan VC Whatsapp sesuai kelompok yang sudah ditentukan pada malam harinya.

Kegiatan belajar dari mulai ikrar, tadarus surat pendek, kegiatan inti dan penutup dilakukan kurang lebih 45 menit disetiap sesinya. saat sesi itulah guru berusaha menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak agar bisa berkembang secara optimal.

2. Video Pembelajaran

Loading...

Selain VC dengan Whatsapp TK Islam Darunnajah juga menggunakan Video pembelajaran untuk kegiatan belajarnya. Video ini berisi kegiatan pembukaan, inti pembelajaran, tugas dan penutup. Video pembelajaran biasanya diberikan satu minggu sekali untuk mengurangi kejenuhan anak melakukan pembelajaran dengan cara VC Whatsapp. Video dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk menontonnya.

3. Zoom Meeting

kegiatan belajar melipat baju kelompok B Via Zoom Meeting

Media ketiga yang digunakan untuk pembelajaran Daring TK Islam Darunnajah adalah Aplikasi Zoom Meeting. Media ini Menjadi andalan TK Islam Darunnajah untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dimasa pandemi ini. selain bisa berinteraksi secara langsung seperti halnya Whatsapp, aplikasi Zoom Meeting memiliki banyak keunggulan seperti share video, musik dan gambar-gambar.

Sharee screen gambar saat pembelajaran online via zoom meeting

Dengan media Zoom ini, interaksi dengan murid juga lebih efektif karena guru bisa mengontrol suara anak. Jadi bisa menghindarkan kelas online dari suara-suara bising yang ditimbulkan dari lingkungan anak yang bisa mengganggu kegiatan belajar. Kegiatan-kegiatan besar TK seperti perlombaan secara online, peringatan hari besar Islam dan Nasional juga menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini.

TK Islam Darunnajah melaksanakaan lomba mewarnai online via zoom meeting

itulah beberapa media belajar Daring yang digunakan TK Islam Darunnajah. TK Islam Darunnajah selalu berusaha menghadikan pembelajaran online yang menarik dan menyenangkan agar anak tidak merasa jenuh dan bosan.

Kusyanti Febriana Sati

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah