Manfaat Renang Untuk Anak
Menu

Manfaat Renang Untuk Anak

Kegiatan berenang Tk Islam Darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kegiatan berenang Tk Islam Darunnajah O1RPz3IT u8OdMsFY

Aktivitas berenang tidak hanya berguna bagi orang dewasa. Mereka yang tergolong masih bayi pun akan mendapatkan banyak manfaat apabila dibimbing atau dilatih olah raga ini. Apa saja kah manfaat mengajar anak berenang sejak usia dini? Berikut uraiannya.

1. Keseimbangan

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang sudah diajar berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Perbedaan ini nyata terlihat hingga anak-anak tersebut berusia 5 tahun.

2. Kemampuan Menggenggam

Manfaat kedua dari mengajarkan bayi berenang adalah ia mempunyai kemampuan lebih baik untuk meraih, menggenggam, dan memegang sesuatu dari pada yang tidak diajarkan.

3. Percaya Diri

Selain memiliki keseimbangan dan kemampuan meraih, menggegam, dan memegang sesuatu lebih baik, bayi yang diajarkan berenang bakal tumbuh dengan kepercayaan diri yang positif. Ia tidak akan takut ketika berada di dalam air.

4. Memperkenalkan Pola Hidup Sehat

Jika Anda ingin mengajarkan kebiasaan hidup yang sehat sejak dini pada anak maka melatih berenang adalah salah satu cara terbaik melakukannya. Buah hati Anda tidak akan kesulitan mempraktikkan cara hidup yang baik karena ia sudah dilatih sejak dini.

5. Memperkuat Ikatan Orang Tua-Anak

Tawa, independensi pada saat awal memulai, dan pujian yang diterima bakal membuat si anak lebih dekat kepada Anda. Lewat berenang, ia bisa melihat dan merasakan kasih ayah-ibu terhadap dirinya.

6. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Saat melatih berenang, Anda dan anak pasti berkomunikasi. Ketika Anda mengucapkan, “Tendang, tendang, tendang!”, maka kata-kata yang diucapkan terus menerus dan berulang kali ini akan direkam olehnya, sehingga menambah pemahaman dan kosa kata si bayi. Semakin banyak kata yang didengarnya secara berulang, semakin bertambah kemampuan bahasanya.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat terakhir dari mengajarkan bayi berenang secara rutin adalah meningkatnya kualitas tidurnya. Biasanya bayi yang diajar berenang lebih mudah terjaga ketika dibaringkan di tempat tidur dibandingkan mereka yang tidak diajar berenang.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021