Menu

Makna Sebuah Lonceng

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Lonceng

Salah satu barang yang wajib dimiliki oleh Pondok adalah alat pengingat waktu kegiatan . alat itu bisa berupa lonceng ataupun bel.

Pesantren Nurul Ilmi memilih lonceng sebagai alat pengingat waktu dan perputaran kegiatan karena berkesan lebih berwibawa . Fungsi lonceng adalah komando yang mengatur segala aspek kegiatan yang ada di pondok sehingga jika ada keterlambatan saat pembunyian lonceng maka kegiatan-kegiatan yang lain pun akan ikut  terlambat.

Diadakan juga jadwal untuk membunyikan lonceng. orang-orang yang berhak membunyikan lonceng adalah santri kelas 5 dan 6 TMI dan juga Ustadz .kemudian jika ada keterlambatan pembunyian lonceng maka orang yang mendapatkan tugas akan dikenakan sanksi ,

Mengapa hanya telat membunyikan lonceng bisa di sangsi ? karena pada hakekatnya lonceng itu adalah kunci dari kedisiplinan.  dalam pepatah dikatakan yang artinya kebaikan jika tidak terdisiplin akan kalah dengan kejahatan yang terdisiplin .

Jika umat muslim tidak bisa berdisiplin kita akan kalah dengan orang-orang Israel yang jelas-jelas jahat dan memiliki rencana untuk menghancurkan Islam. Mengapa mereka bisa menang ? karena mereka adalah tipe-tipe orang yang sangat berdisiplin .disiplin belajar,disiplin makan, disiplin mandi, disiplin tidur, displin ke mesjid dan dan segala aspek kegiatan apapun itu harus sesuai dengan ritme yang telah ditentukan pesantren.

maka dari itu kegiatan-kegiatan yang ada di pondok harus bisa tepat waktu dan disiplin karena itu yang akan membentuk karakter para santri. Ingat kata-kata yang berkaitan dengan disiplin ini jika kita terlambat maka kita akan tertindas dan jika kita berhenti maka kita akan mati .

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Maklumat Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Tentang Perpanjangan Masa Belajar di Rumah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,   عَنْ أَبَّانَ بْنِ عُثْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: (مَنْ