Menu

Laboratorium Bahasa Multimedia Darunnajah II

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

Laboratorium Bahasa adalah sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah dalam  penyampaian materi bahasa di sebuah ruangan. Seperti halnya Laboratorium Bahasa yang dimiliki oleh Darunnajah II ini yang fungsinya adalah untuk menunjang keberhasilan kemampuan para siswa dalam menyerap materi bahasa, baik itu Bahasa Inggris ataupun Bahasa Arab.

Alhamdullillah laboratorium yang berdiri dengan biaya 50 juta pada tahun 2004 ini, tidak pernah sepi dari aktifitas para siswa untuk belajar. Minat dan antusias para siswa ini tercermin dari padatnya jadwal penggunaan laboratorium yang selalu padat. Bahkan jadwal mulai pukul 07.00 WIB pagi sampai pukul 13.30 WIB selalu penuh. Hal ini lah yang mendorong pihak pengelola akan selalu meningkatkan mutu pelayanannya, supaya hasil output yang diluluskannya pun akan semakin maksimal.

Sekarang ini Laboratorium Bahasa Darunnajah II sudah dilengkapi dengan seperangkat peralatan elektronik audio video yang terdiri atas instructor console sebagai mesin utama, serta dilengkapi pula dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD Player, video monitor, headset dan students booth yang dipasang dalam satu ruang kedap suara. Dengan cukup lengkapnya fasilitas perangkat yang ada, maka Laboratorium Bahasa Darunnajah II ini dapat digunakan oleh para siswa sebagai wahana pengembangan skill bahasa di lingkugan pesantren.

Dengan laboratorium bahasa multimedia ini, Guru/ Ustadz kreatif dapat memanfaatkan aneka jenis program pelajaran bahasa asing baik yang dikemas dalam bentuk kaset audio, video, maupun CD interaktif. Bahkan, dengan peralatan ini Guru/ Ustadz juga dapat memanfaatkan kemampuan dirinya dalam memfasilitasi para siswanya supaya terlibat dalam proses komunikasi secara aktif melalui headset dan microphone yang tersedia pada masing-masing meja siswa.

Akan tetapi terkadang tidak selamanya fasilitas selengkap ini telah digunakan secara maksimal. Hal ini disebabkan salah satunya karena kurang mengertinya mereka (pengguna) akan teknik-teknik pemanfaatannya.

Untuk membantu mengatasi kendala tersebut, alhamdulillah sekarang sudah disediakan teknisi dan sekaligus pembimbing pemanfaatan Laboratorium Bahasa Darunnajah II ini. Di bawah arahan instructur yang memadahi kemampuannya, maka yang diharapkan akan dapat memaksimalkan pemanfaatan laboratorium yang kita miliki ini.

Berikut disajikan tulisan tentang beberapa teknik pemanfaatan Laboratorium Bahasa Darunnajah II;

  1. Teknik Pemanfaatan Listening Class.

Cara klasik penggunaan piranti laboratorium bagi pembelajaran bahasa asing adalah untuk pembelajaran Listening yang dapat diitegrasikan dengan Speaking, Writing, maupun Reading. Sasaran yang mesti dicapai dengan penggunaan laboratorium bahasa di sini adalah agar pembelajar dapat mendengar, melihat, mengamati, dan memahami bagaimana penutur asli menggunakan bahasa asing itu dalam berbagai situasi yang berbeda-beda. Dengan sasaran demikian diharapkan pembelajar mampu meniru model yang peragakan oleh penutur asli (percakapan orang asing asli). Untuk mencapai sasaran itu pengajar perlu menyiapkan kaset atau VCD yang berisi rekaman suara maupun gambar penutur asli.

Adapun teknik pemanfaatan penyajian materi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa macam tindakan sebagai berikut :

1)      Pemanfaatan kaset audio.

Instruktur memutarkan kaset audio yang berisi ceritera pendek menarik dan secara linguistis terkontrol, berdurasi 40 s.d 130 deetik. Dengan menggunakan headset, pembelajar berkonsentrasi mendengarkan ceritera tersebut. Dan kegiatan ini di ulangi beberapa kali sampai Guru/ Ustadz yakin bahwa para siswa telah dapat menangkap isi yang terkandung dalam ceritera tersebut. Untuk keperluan ulang-mengulang ini Guru/ Ustadz dapat memanfaatkan counter yang biasanya terdapat pada master tape recorder.

Akan tetapi alhamdulillah, karena Laboratorium Bahasa Darunnajah II ini sudah dilengkapi dengan repeater language learning machine. Maka, untuk masalah ulang mengulang ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan piranti master tape recorder ke repeater teresebut.  Dengan menggunakan master tape recorder, maka akan dapat mendengarkan berulang-ulang kali sesuai keperluan secara otomatis tanpa melibatkan proses rewinding.

2)      Pemanfaatan VCD/DVD Player.

Sekarang ini program pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di Laboratorium Bahasa Darunnajah  II sudah terkemas dalam VCD/DVD. Dengan laboratorium multimedia, piranti ini dapat digunakan dengan memanfaatkan fasilitas VCD/DVD player yang terdapat di dalamnya. Contoh teknik pemanfaatan VCD/DVD di Laboratorium Bahasa Darunnajah II itu adalah sebagai berikut;

Instruktur menayangkan dua kali sebuah episode ceritera bersambung melalui VCD Player dengan durasi 20 menit. Pada tayangan pertama pembelajar diminta untuk memperhatikan secara cermat alur ceriteranya. Pada tayangan kedua pembelajar diarahkan untuk memperhatikan bahasa yang dipergunakan. Beberapa variasi tekhnik dapat dilakukan dalam langkah ini. Misalnya, dengan memanfaatkan tombol-tombol pada VCD Player, instruktur dapat mem-pause adegan tertentu dan mengulanginya beberapa kali sampai pembelajar mampu menirukan ujaran-ujaran yang diungkapkan oleh pelaku.

3)      Pemanfaatan Komputer Multimedia

Dengan adanya komputer multimedia di Laboratorium Bahasa Darunnajah II yang mana juga dilengkapi dengan CD/DVD Rom. Maka, fasilitas ini sangat  bermanfaat untuk menjalankan program pelajaran Bahasa Inggris atau pun Bahasa Arab pada CD/ DVD Rom. Perlu dimengerti bahwa program CD/DVD Rom berbeda dengan program pada VCD/DVD player biasa. Dengan program CD/ DVD Rom, Guru/Ustadz dapat menampilkan tulisan atau gambar disertai dengan suaranya. Selain itu, melalui program CD/ DVD Rom, Guru/ Ustadz juga dapat mengulangi materi-materi yang disajikan dengan lebih efisien dan mudah.

Selain dimanfaatkan untuk menjalankan program CD Rom, VCD, maupun DVD, komputer multimedia pada laboratorium bahasa Darunnajah II juga dapat pula menampilkan program Power Point yang tidak saja dapat dimanfaatkan dalam pengajaran Bahasa Inggris atau pun Bahasa Arab, akan tetapi juga untuk kepentingan presentasi lain.

  1. Manfaat untuk Kelas Lain.

Selain untuk kelas Listening yang terintegrasikan dengan Speaking, Reading atau Writing, perangkat Laboratorium Bahasa Darunnajah II juga dapat dipergunakan sebagai sarana untuk melakukan program yang lain. Dengan sarana audio atau video yang ada, laboratorium bahasa multimedia dapat dipergunakan untuk menunjang program standarisasi kualitas lulusan dengan skor Bahasa Inggris tertentu seperti TOEFL Prediction, IELTS Prediction, atau TOEIC Prediction. Program ini dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan TOEFL, IELTS, maupun TOEIC dengan materi belajar yang terkemas dalam bentuk kaset audio maupun CD Rom. Dengan demikian Darunnajah II dan masyarakat dapat melihat secara jelas seberapa baik kualitas lulusan yang dihasilkan.

Penutup

Mudah-mudahan dengan adanya sarana audio-video dan computer multimedia, secara logis Laboratorium Bahasa Darunnajah II harus mampu memberikan nilai tambah bagi efektifitas proses pembelajaran bahasa asing. Efektifitas ini tidak hanya dapat diukur secara kuantitatif melaui hasil pembelajar dalam menguasai keterampilan berbahasa yang diharapkan, akan tetapi juga secara kualitatif melalui kajian tentang proses pembelajaran yang diindaksikan dengan meningkatnya motivasi pembelajaran dalam mengikuti kagiatan belajar-mengajar. Sehingga ending-nya adalah output lulusan yang dihasilkannya pun akan semakin berkualitas. Amin………………

(Wardan/ Kasanudin)………..

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Serunya Diskusi Bidayatul Mujtahid Bersama Syaikh Dr. Shawki

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya, Sekolah TInggi Agama Islam (STAI) Darunnajah mengadakan diskusi mingguan “Kajian Bidayatul Mujtahid”. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Selasa ini menghadirkan pembicara