Kunci Hidup Bahagia

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram

ddnc

Kita semua tahu bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara, kita tidak tau kapan kita akan dipanggil oleh yang maha kuasa. Untuk itu kita harus mampu menciptakan kehidupan yang bahagia di dunia yang fana ini. Berikut beberapa kunci agar bisa mendapatkan hidup yang bahagia:

1. Tidak membenci siapapun

Menjaga hubungan baik dengan semua orang, membantunya, memaafkannya dan tidak membencinya, sekalipun terkadang orang lain bersikap tidak baik terhadap kita adalah cara mendatangkan kebahagiaan dalam hidup kita.

2. Tidak berlebihan dalam bersedih

Menjalani hidup ini dengan semangat dan optimis, meskipun  terkadang beribu masalah menimpa, hendaknya kita tabah dan bersabar meskipun rasa sedih kerap menyapa namun tidaklah perlu bersedih yang berlebihan.

3. Hidup sederhana

Tetap qonaah, merasa cukup dengan apa yang kita miliki, mensyukuri apa yang Allah swt titipkan kepada kita dan memanfaatkan  dengan sebaik baiknya, meskipun kita memiliki harta yang banyak kita tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya namun perbanyaklah bersedekah kepada saudara kita.

4. Menjaga perbuatan baik

Musibah/ujian adalah salah satu cara Allah swt untuk menguji iman kita, maka sikapilah dengan bijak setiap musibah yang kita terima tetaplah berusaha untuk membantu saudara kita yang membutuhkan meskipun dalam keadaan kekurangan bahkan tatkala musibah menimpa kita.

5. Perbanyak sedekah

Semua yang kita punya hanyalah sebuah titipan yang sewaktu waktu Allah swt bisa mengambilnya, maka selalulah berlapang dada untuk berbagi disaat kita menerima rizki dariNya, karena disetiap rizki yang kita dapat terdapat hak untuk saudara kita.

6. Menjaga senyuman

Hal sederhana yang akan membuat kita terlihat bahagia adalah tersenyum, tersenyum kepada saudara kita juga merupakan sebuah ibadah, apapun yang sedang kita rasa tidak perlulah kita terlalu dalam meratapinya, meski hati sedang menangis tetaplah bibir dalam keadaan tersenyum untuk memberikan suasana bahagia disekeliling kita.

7. Saling mendo’akan sesama muslim

Dalam kehidupan ini kita tidak bisa lepas dari berinteraksi dengan orang lain, dan tidak jarang kita mempunyai beda pendapat bahkan pertentanganpun tiak bisa dihindarkan namun satu hal yang perlu kita tanamkan dalam diri kita ialah selalu menjaga keharmonisan bersaudara, saling mendo’akan dalam kebaikan agar kita selalu dalam keadaan nyaman, tentram dalam keridhaan Allah swt.

Semoga beberapa point sederhana ini mampu membawa kita untuk meraih kehidupan yang bahagia, aamiin.(Abs)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah