Keutamaan Hari Jum'at
Menu

Keutamaan Hari Jum’at

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Hari Jum’at merupakan Hari yang Agung, didalamnya terdapat banyak hal-hal yang istimewa. Allah swt. memuliakan dan mengkhususkan umat Nabi Muhammad saw. dengan hari jum’at, yang tidak diberikan kepada umat-umat Nabi terdahulu.

Umat muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan kegiatan sunnah yang dilakukan saat hari jumat yakni membaca surat Al Kahfi sebanyak 10 ayat, memperbanyak dzikir, membaca salawat dan lain-lain.

Namun ada keutamaan-keutamaan hari jumat yang patut kita ketahui, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

  • Perbanyak Sholawat.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku (Nabi Muhammad) pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi)

  • Hari penghapusan dosa.

  “Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

  •  Sedekah

 Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu (Jum’at) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”. (Mauquf Shahih).

  • Hari terhindar dari siksa kubur.

Disebutkan dalam sebuah hadist jika ada seseorang yang meninggal di malam Jumat atau hari jumat, maka orang tersebut juga akan terhindar dari fitnah siksa kubur. “Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

 

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan hari Jumat. Masih banyak lagi dalil-dalil yang menyebutkan keutamaan hari Jumat, jauh lebih banyak dari apa yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat. Semoga kita senantiasa menjalankan amaliyyah di hari Jumat dengan konsisten. Aamiin

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021